Kamis, 03 November 2016

Peran Radio Aswaja FM dalam Pendidikan Islam Masyarakat Ponorogo

Radio ASWAJA FM Ponorogo merupakan satu-satunya radio berbasis ahlussunnah an-nahdliyah yang ada di kota Ponorogo. Radio ini memiliki misi utama untuk berdakwah menyebarkan ajaran Islam yang sesuai dengan prinsip-prinsip ahlussunnah wal jamaah. Aswaja FM berada di bawah naungan Institut Agama Islam Sunan Giri atau INSURI Ponorogo, sebuah kampus swasta di Ponorogo. Radio ini juga bisa didengarkan melalui live streaming di situs resminya www.aswajafm.com

Kehadiran radio Aswaja FM merupakan sebuah berkah tersendiri di tengah banyaknya masyarakat yang pengetahuan dan pemahamannya tentang islam masih dangkal. Apalagi ditambah dengan hadirnya radio-radio lain yang mengklaim dirinya sebagai ahlussunnah namun pada kenyataannya apa yang disuarakan jauh dari nilai-nilai dan prinsip ahlussunnah ala NU.


Melalui upaya pemanfaatan kemajuan IPTEK untuk kebaikan dan kemaslahatan umat sebagaimana yang dilakukan Aswaja FM di atas, maka kita berharap upaya tersebut meraih kesuksesan besar atas pertolongan Allah SWT. Terutama guna memperbaiki akhlak mayoritas umat Islam yang saat ini mengalami krisis moral-spiritual akibat berbagai faktor negatif yang datang dari luar.

Pemanfaatan media elektronik seperti radio diharapkan dapat menjadi sebuah ide kreatif dan inovatif dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang islam. Mengingat, tidak semua masyarakat berkesempatan untuk belajar islam di pesantren. Ada banyak masyarakat yang karena faktor usia, tidak lagi memungkinkan untuk mengenyam pendidikan islam melalui pondok pesantren atau madrasah.

Dengan semakin canggihnya teknologi, media dakwah yang dapat kita gunakan pun semakin beragam. Saat ini telah banyak bermunculan berbagai macam pengajian dan ceramah agama yang secara rutin disampaikan melalui media elektronik seperti radio, televisi, bahkan di media online streaming seperti Youtube. Semua itu adalah bentuk usaha untuk berdakwah menyebarluaskan ajaran-ajaran agama Islam kepada seluruh elemen masyarakat dengan menembus ruang dan waktu. Dalam konteks ini, selain berperan sebagai media pendidikan islam, Aswaja FM juga media dakwah islam.

Sebagai salah satu media pendidikan islam untuk masyarakat dengan berbasis audio, Radio Aswaja FM berkontribusi besar dalam melestarikan tradisi dan nilai-nilai keislaman sebagaimana yang diwariskan para salafus-shalih dengan mengedepankan prinsip toleran dan moderat. Dengan jargonnya yang berbunyi "Menyapa Ummat Dengan Islam Rohmatan Lil 'Alamin", semoga radio ini benar-benar mampu menjadi wasilah untuk menebarkan nilai-nilai islam yang membawa rahmat bagi alam semesta.
Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top