Pengertian Psikologi Industri Organisasi

Psikologi industri organisasi atau bisa disingkat dengan PIO, adalah bagian dari ilmu psikologi yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam konteks organisasi baik organisasi industri maupun nirlaba, serta timbal balik antara individu dengan tempatnya berkarya. Tes psikologi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dalam proses perekrutan karyawan/tenaga kerja baru merupakan salah satu implementasi dari Psikologi Industri Organisasi. Melalui soal-soal tes psikologi yang dikerjakan oleh para pelamar kerja, maka kemudian para ahli psikolgi dalam perusahaan tersebut melakukan pembacaan dan analisis berdasarkan hasil tes tersebut guna melakukan penilaian dan pengambilan keputusan.

Psikologi Industri Organisasi lebih dipandang sebagai aplikasi praktis dari psikologi terutama dalam menyelesaikan masalah di dunia kerja. Seperti seleksi dan penempatan personil, pengelompokan dan penempatan karyawan, dan analisis data. Merancang lingkungan kerja. Dalam hal ini psikolog industri melakukan penelitian mengenai rancangan pekerjaan dan ruang untuk bekerja untuk memaksimalkan pekerjaannya, kenyamanan, keamanan, kesejahteraan pegawai, efisiensi dalam bekerja yang sesuai dengan kebutuhan fisik dan psikologis.

Fokus utama dari psikologi organisasi adalah mempelajari perilaku manusia pada setting kerja. Karena populasi psikologi industri organisasi berada pada bussines, industry, labor, public, academic, community, and health organization. Dari sini terlihat bahwa ruang lingkup kajian Psikologi Industri Organisasi sangat luas, utamanya menyangkut penelitian tentang perilaku individu dalam organisasi bisnis. Psikologi Industri Organisasi mempunyai relasi yang erat dengan cabang-cabang psikologi lain. Di antaranya psikologi sosial, psikologi klinis, dan juga psikologi pendidikan.
Wikipendidikan
Back To Top