Hidup Adalah Pilihan, Bijaklah dalam Memilih

Life is choice, hidup adalah pilihan. Pada awalnya, semua orang bangga dengan pilihannya. Tapi pada akhirnya, tidak semua orang setia pada pilihannya. Saat ia sadar bahwa pilihannya mungkin tak sepenuhnya sesuai seperti yang ia impikan. Karena yang lebih sulit dalam hidup ini bukanlah memilih, tapi bertahan pada pilihan. Sedikit waktu mungkin sudah cukup untuk menentukan pilihan. Tapi untuk bertahan pada pilihan tersebut, mungkin harus menghabiskan sisa usia yang dimiliki. Baca juga Hidup Tak Bisa Dihitung dengan Kalkulasi Matematis

Hidup ini penuh dengan berbagai macam pilihan. Tentang pendidikan, profesi, bisnis, cinta, kepercayaan, dan bidang lainnya. Semuanya menuntut kita untuk memilih mana yang kita anggap sebagai yang terbaik. Sebagai contoh, Pendidikan kadang menjadi alasan untuk kita menjalin sebuah hubungan yang serius, contohnya pernikahan. Banyak yang harus dipertimbangkan untuk mengambil keputusan. Walaupun kadang hati sudah sepaham. Apa daya, banyak hal yang harus dipikirkan. Untuk mengubah sebuah status, memang mudah, namun mempertanggung jawabkan sebuah status tersebutlah yang sulit. Menyatukan dua pemikiran yang berbeda, dua sikap yang berbeda, dua hati yang berbeda menjadi satu kesatuan dalam satu janji, satu hidup, satu kisah, dan satu cinta. Memang begitulah hidup. Tetap tenang walaupun sebenarnya banyak hal yang harus dipikirkan.

hidup adalah pilihan, hidup itu pilihan, renungan hidup, kata-kata mutiara kehidupan, motivasi kehidupan, cara mengatasi masalah hidupHal paling menarik dalam hidup ini mungkin memilih siapa orang yang pantas untuk kita cintai. Seringkali kita dihadapkan dengan begitu banyak pilihan. Namun, apakah ketika kita sudah mendapatkan apa yang kita pilih, semuanya selesai? Tidak. Karena kehidupan ini dinamis dan terus berputar. Layaknya jalan yang sering kita lewati, banyak batu atau kerikil yang menghambat perjalanan. Seperti itulah kita dalam menjalani sebuah hubungan. Tak jarang, dalam perjalanannya, pilihan kita ternyata memiliki banyak kekurangan dan kelemahan. Tak seperti yang kita bayangkan di awal. Baca juga Hidup Adalah Perjuangan Tanpa Henti

Di saat seperti itulah kualitas kesetiaan kita terhadap pilihan kita diuji. Saat itulah kita diuji, seberapa kualitas kesabaran dan kedewasaan kita dalam menerima sesuatu yang tak sesuai harapan. Di saat itulah kita harus menyadari, bahwa hidup ini bukan hanya persoalan memilih, tapi setia bertahan pada pilihan kita.

Akan selalu saja ada banyak pilihan dalam hidup ini. Selalu ada sandiwara yang harus kita perankan. Terkadang kita berada pada kepesimisan, ketakutan, keraguan dan kebimbangan sebenarnya yang kita ciptakan sendiri. Kita kerap terbuai dengan alasan-alasan untuk takut melangkah, tak mau menatap hidup. Karena hidup adalah pilihan, maka kita harus menghadapinya dengan gagah. Dan karena hidup adalah pilihan, maka pilihlah dengan sebijak-bijaknya.

"Dalam sebuah pilihan, harus ada yang dikorbankan untuk tidak dipilih, berat memang, tapi itulah PILIHAN". Benar, bahwa seringkali kita harus berani mengambil sebuah pilihan di antara beberapa pilihan yang ada. Sebagaimana yang terjadi ketika kita dihadapkan dengan soal pilihan ganda saat ujian sekolah, kita harus memilih satu pilihan yang kita anggap paling benar.

Pilihan itu, seperti saat kita telah memilih bersama seseorang meski apapun yang terjadi, itulah pilihan. Bahkan saat kita kemudian sadar bahwa masih banyak orang lain di luar sana yang lebih cantik, menarik, cerdas, dan lebih kaya daripada pasangan pilihan kita  Kita tetap memilih untuk mencintainya.
Wikipendidikan
Back To Top