Sabtu, 19 November 2016

Menumbuhkan Sikap Sabar Terhadap Segala Cobaan

Tak ada manusia yang lepas dari cobaan dan ujian. Ia hadir dan menyatu dalam paket takdir setiap manusia. Terkadang, cobaan adalah bentuk teguran Allah terhadap dosa dan maksiat yang kita lakukan. Agar dengannya kita segera menyadari kesalahan kita lalu mau berusaha untuk memperbaikinya. Cobaan dan kesabaran ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Terkadang, cobaan merupakan ketetapan Allah untuk menguji kualitas keimanan hamba-Nya. Bagaimana respon atau sikap hamba tersebut atas cobaan yang dia hadapi, akan menunjukkan bagaimana kualitas keimanannya. Apabila cara dia menyikapinya sesuai dengan kehendak-Nya, di akhirat kelak Allah akan menggantinya dengan rahmat dan ridha-Nya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa manifestasi sabar itu tidak banya terbatas dalam konteks menghadapi cobaan atau ujian hidup saja. Namun lebih luas lagi kesabaran itu termanifestasikan dalam hal-hal berikut:
  1. Sabar dalam menahan diri dari segala perbuatan jahat dan hawa nafsu. Sabar dalam menghindarkan diri dari segala macam perbuatan yang dapat menjerumuskannya ke dalam jurang kehidupan yang hina. Ketika syahwat bergejolak hendak menggoyahkan keyakinan dan keyakinan kita, hanya sabarlah yang dapat menjadi rem untuk memaksa dan menghentikan kita dalam garis batas syari'at, sehingga keimanan kita terselamatkan.
  2. Sabar dalam menjalankan kewajiban. Tidak mengeluh atau merasa berat, apalagi merasa bosan. Dalam menjalankan kewajiban beribadah kita membutuhkan kesabaran.
  3. Sabar dalam membela kebenaran, melindungi kemaslahatan, menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, dan bangsanya.
  4. Sabar terhadap kehidupan dunia. Tidak terbuai dalam gemerlap dan kenikmatan dunia yang semu. Tidak menjadikan dunia sebagai tujuan, melainkan hanya sebagai sarana untuk mempersiapkan diri menjalani kehidupan di akhirat kelak. Begitu pula jika dalam keadaan sempit dalam hal duniawi.
Cobaan dalam hidup ini, bisa jadi merupakan bentuk teguran dari Allah atas dosa-dosa kita, dan terkadang cobaan itu merupakan ujian yang menjadi sarana untuk mengangkat derajat orang-orang yang bersabar dan tawakkal dalam menghadapinya.Sabar adalah kekuatan positif yang menjadi pendorong jiwa untuk melaksanakan kewajiban.

Demikian pula sabar merupakan kekuatan yang menghalangi seseorang untuk berbuat kejahatan semua hal-hal yang tidak sejalan dengan syari'at. Wallahu a'lam...
Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top