Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber Lengkap

Cara penulisan daftar pustaka pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan cara penulisan catatan kaki atau footnote. Secara umum, daftar pustaka ditulis dengan pola urutan alfabetis, yaitu dimulai dari huruf A. Daftar pustaka adalah daftar yang berisi bahan-bahan pustaka yang digunakan oleh seorang penulis dalam menyusun sebuah karya tulis ilmiah, baik yang dirujuk maupun yang tidak dirujuk dalam teks. Karya ilmiah bisa berupa makalah, skripsi, paper, jurnal, buku ilmiah, tesis, dan lain sebagainya. Baca juga Cara Penulisan Tanda Koma yang Benar Sesuai EYD.

cara penulisan daftar pustaka dari buku, internet, koran, majalah, dan jurnal

1. Cara penulisan daftar pustaka dari buku

Penulisan daftar pustaka dari sumber berupa buku yang nama pengarang/penulisnya lebih dari dua suku kata, maka susunannya nama penulis dibalik. Nama paling akhir didahulukan, koma (,) nama awal dan tengah (kalau ada), titik (.), judul, titik (.), tempat penertbit, titik dua (:), nama penerbit, koma (,), tahun terbitan, titik (.).

Contoh: Muhadjir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta, 2001.

Jika seorang penulis memiliki beberapa tulisan yang dicantumkan dalam daftar pustaka, maka hanya ditulis nama dari sumber yang pertama saja. Sedangkan pada sumber kedua dan seterusnya nama tersebut diganti dengan tanda – yang dibuat sebanyak 9 kali dan diikuti dengan tanda titik (.).

Contoh:

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2005.
---------. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2006.

2. Cara penulisan daftar pustaka dari artikel dalam buku dan jurnal

Apabila kita mengutip dari sumber brupa artikel yang terdapat dalam buku atau jurnal, maka dalam daftar pustaka dituliskan halaman artikel mulai halaman pertama sampai terakhir. 

Contoh: Wahid, Abdurrahman. “Menjadikan Hukum Islam Sebagai Penunjang Pembangunan.” Dalam Agama dan Tantangan Zaman: Pilihan Artikel Prisma, 1975-1984. Jakarta: LP3ES, 1985: 64-79.

3. Cara penulisan daftar pustaka dari artikel dalam majalah atau koran

Nama penulis ditulis paling depan, diikuti oleh tanggal, bulan, dan tahun (jika ada), judul artikel ditulis dengan cetak biasa, dan huruf besar/kapital pada setiap awal kata kecuali kata hubung. Nama majalah ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf pertama setiap kata dan dicetak miring. Nomor halaman disebutkan pada bagian akhir.

Contoh: Huda, Muhammad. “Mensiasati Listrik Musim Kering,” dalam Jawa Pos, 13 November 1991.hlm. 6

Sedangkan cara penulisan daftar pustaka dari koran tanpa penulis seperti contoh berikut:

Jawa Pos, “Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri”. 22 April, 1995. hlm. 3

4. Cara penulisan daftar pustaka dari dokumen resmi pemerintah yang diterbitkan oleh suatu penerbit tanpa penulis dan tanpa lembaga.

Contoh: Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Armas Duta Jaya, 1990.

5. Cara penulisan daftar pustaka dari lembaga yang ditulis atas nama lembaga tersebut.

Contoh: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1978.

6. Cara penulisan daftar pustaka dari internet berupa karya individual.

Contoh: Ahmad Mujib. 7 Prinsip Dasar Literasi dan Aplikasinya dalam Pendidikan, http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/11/prinsip-pendidikan-literasi.html, diakses 20 Desember 2015

Demikianlah cara penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber, baik dari buku, internet, jurnal, artikel, koran, dan majalah. Menulis daftar pustaka merupakan satu keharusan dalam karya tulis ilmiah. Di perguruan tinggi, biasanya mempunyai standar masing-masing tentang cara penulisan daftar pustaka dari tiap-tiap sumber yang dirujuk. Namun secara umum, penulisan daftar pustaka beserta contoh-contohnya sebagaimana saya uraikan di atas bisa digunakan.

Dalam menulis karya ilmiah dalam bentuk apa pun, pasti kita memerlukan rujukan pemikiran orang-orang sebelumnya yang dituangkan ke dalam bentuk karya tulis. Penulisan caftar pustaka dan catatan kaki merupakan bentuk etika akademis dalam rangka mengapresiasi karya orang lain sehingga kita terhindar dari tindak plagirisme.

Sumber: Buku panduan penulisan Skripsi Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo.

Tags: Metodologi Penelitian

0 Komentar Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber Lengkap

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top