Belajar dari 5 Rahasia Kesuksesan Bisnis Etnis Tionghoa

Orang China atau etnis Tionghoa tersebar di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di negara kita ini. Kalau kita perhatikan, sebagian besar perusahaan dengan omzet miliaran di negeri kita ini didominasi oleh etnis Tionghoa. Mengapa mereka bisa melakukan monopoli semacam itu? Apa rahasianya? Mari kita ungkap rahasia apa yang dipakai orang-orang Tionghoa untuk mencapai kesuksesan besar mereka, sehingga kita juga bisa mengambil pelajaran yang positif darinya. Baca juga Belajar Tentang Kedermawanan


Sebagaimana dilansir dari smart-money, berikut ini 5 rahasia kesuksesan bisnis etnis Tionghoa yang bisa kita ambil pelajarannya:

1. Belajar bisnis sejak dini

Ketika etnis Tionghoa membuka sebuah usaha, mereka melibatkan anak-anak mereka. Para orang tua Tionghoa sudah mengajarkan anak-anak mereka bagaimana cara membangun binis sejak dini. Anak-anak sudah mulai diajari untuk mengelola hal-hal sederhana. Kelak, ketika mereka telah dewasa, si anak sudah duduk manis sebagai seorang bos. Lama kelamaan, karena pendidikan bisnis sejak kecil, anak akan benar-benar memahami serba-serbi dunia bisnis.

Ini bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk membangun budaya disiplin bagi anak kita sedini mungkin. Bukan bermaksud mengajarkan anak untuk bermental materialistis, namun mengajarkan kepada mereka tentang pentingnya sebuah kemandirian, tanggungjawab, perjuangan, dan budaya disiplin.

2. Harga berbanding lurus dengan kualitas

Sebagian besar orang menginginkan barang yang murah tapi kualitasnya bagus. Namun sayangnya, keinginan seperti itu seringkali hanya membuahkan kekecewaan. Ternyata, dalam berbisnis menjual suatu barang, orang Tionghoa berani menetapkan harga yang mahal tapi berbanding lurus dengan kualitas. Mereka berkeyakinan bahwa meskipun harganya lebih mahal dari yang lain, selama kualitasnya memang bagus, tetap mampu menggaet pembeli yang loyal.

3. Manajemen yang didukung dengan semangat kerja keras

Kalau diperhatikan, toko-toko milik orang Tionghoa jarang sekali mengalami kehabisan stok barang. Mereka mengaplikasikan sistem manajemen administrasi barang yang sangat bagus. Ketika sebuah bisnis dikelola dengan manajemen yang handal, mereka akan terus bekerja keras. Tiada waktu untuk bersantai dalam kamus mereka. Etos kerja etnis Tionghoa sangatlah tinggi. Simak juga Ketahui 7 Pelajaran dari Mengantre

4. Hidup sederhana

Hiduplah sederhana meskipun engkau dalam keadaan serba berkecukupan, itulah salah satu pepatah bijak yang pernah saya dengar. Kiranya, ungkapan tersebut cocok dengan pola hidup etnis Tionghoa. Mereka terbiasa hidup sederhana meski sudah kaya raya. Mereka terbiasa untuk sedapat mungkin menekan biaya hidup dan sebagian besar penghasilan untuk ditabung dan investasi. Tabungan yang mereka milik di kemudian hari akan digunakan untuk melakukan perluasan bisnis.

5. Rajin belajar

Tahukah anda, ternyata orang-orang Tionghoa adalah orang yang haus pengetahuan. Mereka tidak akan merasa malu untuk bertanya tentang hal-hal yang belum mereka ketahui. Termasuk saat mereka baru memulai sebuah bisnis, mereka rajin bertanya dan mengorek informasi sana-sini kepada yang sudah lebih berpengalaman dan ahli di bidang bisnis yang mereka tekuni. Bagi mereka, kegagalan adalah hal lumrah dalam sebuah perjuangan. Yang luar biasa adalah mereka akan belajar dari setiap kesalahan yang mereka perbuat untuk hasil yang lebih baik di masa depan.

0 Komentar Belajar dari 5 Rahasia Kesuksesan Bisnis Etnis Tionghoa

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top