Selasa, 01 November 2016

3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kuliah di Luar Negeri

Berkesempatan untuk bisa kuliah di luar negeri merupakan salah satu kebanggaan tersendiri. Sebab selama ini sebagian orang berpandangan bahwa kuliah di luar negeri lebih memiliki prestise tersendiri. Selain akan mendapatkan banyak hal mungkin tidak akan didapatkan melalui kampus lokal, kuliah di luar negeri juga akan memberi mahasiswa banyak pengalaman baru, budaya baru, dan tantangan-tantangan baru.

Sebagian besar mahasiswa yang kulaih di luar negeri mengandalkan beasiswa. Dan sebelum kita memutuskan untuk mengambil beasiswa kuliah di luar negeri, ada beberapa hal penting yang perlu dijadikan pertimbangan, seperti pemilihan kampus, lokasi, pertimbangan biaya hidup, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali kampus dan perusahaan yang menyediakan beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Namun jangan sampai kita salah dalam memilih kampus yang pada akhirnya justru menghambat proses pelajar kita. Berikut ini tiga hal yang harus dipertimbangkan sebelum kita memilih dan memutuskan untuk kuliah di luar negeri.

1. Teliti lokasi kampus sedetail mungkin

Langkah pertama yang penting kita lakukan adalah mencari informasi sedetail mungkin terkait lokasi kampus serta bagaimana kondisi geografisnya. Di samping itu, kita juga perlu mempertimbangkan faktor lain yang berkaitan dengan seberapa besar biaya hidup sehari-hari di sana. Pastikan bahwa kita tahu betul lokasi kampus berada di lingkungan seperti apa dan bagaimana budayanya. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengetahui biaya hidup dan juga fasilitas transportasi yang kita butuhkan selama studi di sana

2. Kalkulasikan biaya

Kuliah di luar negeri dengan atau tanpa beasiswa, mahasiswa harus benar-benar mampu mengukur kemampuan finansialnya. Kita harus benar-benar secara matang mempertimbangkan persoalan biaya hidup, kebutuhan makan dan minum sehari-hari, fasilitas keagamaan, dan lain lainnya sebelum kita memilih kuliah di luar negeri. Carilah juga informasi tentang kebijakan bagi mahasiswa asing di negara tersebut, apakah di lokasi kampus yang akan kita tuju itu mahasiswa diperbolehkan untuk kerja part time atau tidak. Usahakan untuk memilih lokasi kampus yang memperbolehkan mahasiswa kerja part time, sebab hal itu akan memberikan kita tambahan biaya untuk hidup sehari-hari selama kuliah.

3. Wajib memiliki kemampuan bahasa Inggris

cara memilih jurusan kuliah, beasiswa luar negeri, cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, info beasiswa luar negeri
Baca juga 5 Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang Sering Dilakukan Mahasiswa
Jangan pernah bermimpi untuk bisa kuliah di luar negeri jika kita tidak memiliki bekal kemampuan berbicara dengan bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan modal utama agar kita dapat berkomunikasi di mana saja kampus luar negeri yang kita pilih. Bila bahasa inggris kita masih pas-pasan, kita bisa memilih kampus di mana kita dapat meningkatkan skill berbahasa Inggris kita. Kita bisa memilih kampus yang memberikan fasilitas kepada mahasiswa asing untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya. Mendapatkan kesempatan untuk kuliah di luar negeri memang tidak semudah yang kita bayangkan. Karena ada banyak sekali hal yang harus kita persiapkan agar bisa mewujudkan impian itu, termasuk kemampuan berbahasa inggris yang baik.

Nah, itulah tiga hal penting yang harus kita perhatikan sebelum kuliah di luar negeri. Bagaimana dengan anda, apakah tertarik untuk kuliah di luar negeri? Bagikan opini anda di kolom komentar ya....

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top