Sabtu, 05 November 2016

14 Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan yang Harus dicoba

Mengapa belajar harus efektif dan menyenangkan? Tentu saja, prinsip efektifitas memang perlu diterapkan pada hal apa saja, termasuk belajar. Tidak semua metode belajar itu sama dan efektif digunakan siapa saja dan dalam kondisi apa saja. Pada kasus-kasus tertentu, terkadang sebuah metode belajar lebih efektif digunakan daripada metode yang lain. Bila metode belajarnya tidak tepat, maka suasana belajar pun menjadi tidak menyenangkan. Setiap individu harus memahami gaya belajarnya sendiri agar karir akademiknya membuahkan hasil yang memuaskan. Salah satu prinsip meraih kesuksesan dalam belajar adalah bukan seberapa keras dan lama waktu kita belajar, tapi tentang seberapa besar dampak positif dari aktifitas belajar yang kita lakukan.

teori belajar, strategi belajar mengajar, cara cepat belajar, metode pembelajaran, prisip belajar mengajar
Ada banyak sekali tips belajar yang bisa kita dapatkan melalui buku-buku tentang belajar maupun secara online melalui internet. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan 14 cara belajar efektif dan menyenangkan agar kita menjadi seorang siswa yang sukses dalam akademik.

1. Mencatat tugas

Catatlah setiap tugas, waktu pengumpulan, tanggal ujian, ulangan, dan lainnya. gunakan buku agenda dan pasanglah pengingat waktu. Intinya, buatlah daftar tugas lengkap dengan waktu pengumpulannya dan buat juga jadwal belajar. Tidak hanya sampai disitu, kamu juga harus berjuang untuk melaksanakannya.

2. Mengumpulkan tugas tepat waktu

Kumpulkanlah tugas yang diberikan guru tepat waktu dan kerjakan dengan sungguh-sungguh agar hasilnya memuaskan. Pastikan bahwa kamu mengerjakan tugas sesuai dengan instruksi yang diberikan bapak/ibu guru. Buanglah jauh-jauh kebiasaan menunda-nunda pengerjaan suatu tugas. Selain hal itu tidak efektif, kamu juga akan terus merasa memiliki tanggungan selama tugas itu belum terselesaikan.

3. Bangunlah komunikasi yang baik dengan guru

Jangan malu untuk menyapa atau bertanya kepada guru mengenai tugas atau materi yang belum diketahui/dipahami. Catatlah jawaban yang diberikan oleh guru. Hormatilah keputusan guru dan jangan terbiasa menawar-nawar kebijakannya, misalnya agar mengulur waktu pengumpulan tugas. Ingat pendidikan tidak hanya bagaimana agar kita pandai secara intelektual, tapi juga cerdas secara emosional dan spiritual.

4. Mengorganisasikan tugas dengan baik dan menarik

Buatlah semenarik mungkin agar tugasmu tidak seperti tugas. Gunakanlah sistem kode warna untuk menyimpan tugas agar lebih terorganisir. Sehingga ketika kamu melihatnya tidak nampak seperti sebuah beban, namun merupakan sesuatu yang menyenangkan. Manusia termasuk makhluk visual yang secara alamiah menyukai keindahan melalui perpaduan komposisi warna.

5. Membuat Rumah Belajar pribadi yang nyaman

Kamu bisa menciptakan sendiri rumah pribadi untuk belajar atau mencari lokasi/tempat belajar yang nyaman dan cocok dengan kepribadian serta gaya belajarmu. Buatlah tempat belajar senyaman dan semenarik mungkin agar kamu betah berlama-lama disitu. Yang paling tau mana tempat yang nyaman untuk belajar adalah dirimu sendiri. Sebab tidak semua tempat kondusif untuk belajar. Bila tempat belajar tidak nyaman, maka aktifitas belajar kamu pun menjadi tidak efektif dan menyenangkan.

6. Menumbuhkan budaya Literasi (membaca dan menulis)

Budayakan membaca dan menulis setiap hari. Membaca merupakan kunci untuk membuka jendela ilmu pengetahuan yang amat luas. Oleh karena itulah dalam pendidikan dasar, yang pertama kali dipelajari dan diasah adalah kemampuan membaca dan menulis. Tidak hanya membaca materi pelajaran, tapi juga membaca buku-buku lain yang bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuan kamu, baik itu buku fiksi maupun non-fiksi. Gerakan Literasi Sekolah dengan meminta siswa membaca 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai merupakan salah satu wujud upaya dan perhatian pemerintah kita akan pentingnya menumbuh-kembangkan budaya literasi di lingkungan pendidikan.

7. Mencatat materi pelajaran dari Guru

Jangan berhenti mencatat apa saja yang dijelaskan oleh guru. Namun kamu tidak perlu mencatat hal-hal yang sudah ada di buku teks milikmu. Mencatat merupakan salah satu cara untuk mengikat ilmu agar tidak terlepas. Ingat, bahwa kemampuan otak kita sangat terbatas untuk menyimpan pengetahuan dalam jumlah yang besar. Kita bisa lupa kapan saja. Sebab biasanya pengetahuan lama akan terlupa karena pengetahuan-pengetahuan baru yang masuk ke dalam pikiran kita.

8. Membaca dan mempelajari ulang materi pelajaran

Jangan pernah merasa cukup bila kamu sudah mendengarkan penjelasan guru tentang suatu materi. Membaca dan mempelajari ulang materi pelajaran tetap harus kamu lakukan. Hal ini akan menguatkan daya ingatmu mengenai materi tersebut, sehingga bila sewaktu-waktu materi itu dibutuhkan, kamu mudah untuk mengaksesnya dalam ingatan otakmu. Silahkan pelajari cara membaca efektif.

9. Perhatikan poin-poin penting yang disampaikan guru

Dengarkanlah dengan seksama saat guru menyampaikan poin-poin yang diulang dan ditekankan tentang materi yang sedang diajarkan. Pelajari kembali materi dari masing-masing mata pelajaran paling tidak satu jam sehari sebelum masuk pada pertemuan selanjutnya. Ingatlah, tugas seorang guru itu tidak mudah. Tidak sepantasnya seorang siswa mengacuhkan guru saat menerangkan pelajaran, apalagi poin-poin penting tentang materi pelajaran. Selain kita bisa kehilangan kesempatan mendapatkan tambahan ilmu, kita bisa juga kehilangan keberkahan ilmu karena sikap kurang baik kita terhadap guru.

10. Membuat kelompok belajar

Cari dan ciptakan kelompok belajar yang relevan. Belajarlah untuk mempresentasikan kembali materi yang sudah dipelajari secara bergantian dengan anggota kelompokmu. Dengarkan dengan seksama saat anggota lain presentasi. Belajar kelompok merupakan salah satu metode yang sangat efektif untuk diterapkan. Dengan belajar kelompok, kamu akan belajar bagaimana cara menghargai perbedaan pendapat, belajar tentang cara menyampaikan gagasan dengan kata-kata yang baik, membangun kedekatan emosional antar sahabat, dan lain sebagainya.

11. Menerapkan manajemen waktu yang baik

Manajemen waktu belajar yang baik akan membuat belajarmu menjadi efektif. Aturlah waktumu berdasarkan durasi dan frekwensi. Misalnya seandainya kamu punya acara yang penting di malam hari, belajarlah di sore hari. Jangan terbiasa belajar mendadak hanya saat akan menghadapi ujian saja. Belajarlah secara rutin setiap hari sehingga kamu tidak merasa kelelahan belajar saat mendekati ujian. Ibarat orang naik tangga, maka dia harus melewati satu demi satu anak tangga untuk sampai ke puncak. Begitu pula dengan belajar, untuk bisa mencapai puncak prestasi belajar, maka kamu harus mencicilnya secara konsisten setiap hari.

12. Menjaga kesehatan fisik dan psikis

Jaga kesehatan fisik dengan sebaik-baiknya. Membiasakan pola hidup yang baik akan berkontribusi positif dalam kesuksesan belajarmu. Biasakan untuk makan teratur, istirahat yang cukup, olahraga, dan bersosialisasi dengan teman-teman baru. Buanglah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan fisikmu. Selain kesehatan fisik, kesehatan psikis juga perlu dijaga.

13. Singkirkan gadget saat belajar

Salah satu pengganggu utama dalam belajar di era saat ini adalah gadget. Banyak sekali orang tua yang terlalu memberi kebebasan kepada anaknya untuk memiliki gadget pribadi. Padahal sebenarnya mereka belum membutuhkannya karena masih harus fokus belajar dan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Selain dapat menimbulkan penyalahgunaan gadget untuk hal-hal negtif, mengizinkan anak memiliki gadget terlalu dini akan mengganggu fokus belajar mereka yang berakibat buruk pada hasil belajarnya.

14. Memanfaatkan media belajar yang tepat

Kamu bisa memilih dan menetukan media/alat apa yang menurut kamu dapat membantu memudahkan kamu dalam belajar. Dengan media belajar yang tepat, maka efektifitas belajar pun akan didapat. Misalnya kamu belajar bahasa inggris, maka kamu bisa memanfaatkan media belajar berupa tayangan video, film pendek, atau menggunakan audio speaking yang semua itu bisa meningkatkan kualitasmu dalam belajar.

Nah, itulah 14 tips belajar yang bisa kamu terapkan agar suasana belajarmu efektif dan menyenangkan. Alhasil, kamu pun akan mendapatkan hasil belajar yang baik dan memuaskan. Selain dapat membanggakan kedua orang tua, tentunya kamu, teman, dan para guru juga senang dengan prestasi belajarmu. Setiap manusia memiliki kewajiban untuk menjadi seorang pembelajar, yaitu orang yang terus menerus belajar sepanjang hayat tanpa henti. Dengan kata lain, belajar merupakan kewajiban setiap manusia yang tidak boleh dihentikan prosesnya sebelum kematian menghentikannya.
Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top