Senin, 31 Oktober 2016

Strategi Membangun Kesehatan Mental dan Emosional

Orang yang sehat secara mental dan emosional berada dalam kendali emosi dan perilaku mereka sendiri. Mereka mampu menangani tantangan hidup, membangun hubungan yang baik, dan bangkit dari keterpurukan. Namun hal ini juga memerlukan upaya untuk membangun atau mempertahankan kesehatan fisik, sehingga dengannya dapat terwujud kesehatan mental dan emosional. Meningkatkan kesehatan emosional Anda bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga dalam hidup, bermanfaat dalam semua aspek kehidupan Anda, termasuk meningkatkan kualitas mood Anda, membangun kekuatan, dan menjadikan hidup lebih bahagia

Kesehatan mental atau emosional mengacu pada keseluruhan kondisi psikologis Anda. Ini termasuk cara Anda memandang diri Anda sendiri, kualitas hubungan Anda, dan kemampuan Anda untuk mengelola perasaan Anda serta mengatasi berbagai kesulitan hidup.

Orang yang sehat secara emosional jauh lebih minim depresi, kecemasan, atau masalah psikologis lainnya. Kesehatan mental dan emosional mengacu pada keberadaan karakter diri yang positif. Demikian pula, tidak merasa buruk adalah tidak sama dengan perasaan yang baik. Banyak dari kita yang masih perlu melakukan hal-hal yang membuat diri kita merasa positif untuk mencapai kesehatan mental dan emosional.


Menurut Catherine, orang yang sehat secara mental dan emosional memiliki ciri sebagai berikut:
  • Mudah merasa puas dan bersyukur
  • Selalu bersemangat untuk hidup
  • Mampu untuk mengatasi stres dan bangkit kembali dari keterpurukan
  • Memiliki kejelasan makna dan tujuan dalam setiap kegiatan dilakukan
  • Terbuka untuk belajar hal-hal baru dan beradaptasi dengan perubahan
  • Keseimbangan antara bekerja dan bermain, istirahat dan aktivitas, dll
  • Kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang memuaskan
  • Rasa percaya diri dan harga diri yang tinggi
Beberapa karakteristik positif di atas memungkinkan Anda untuk berpartisipasi dalam kehidupan semaksimal mungkin secara produktif. Karakteristik diri yang positif juga membantu Anda mengatasi berbagai tekanan dan tantangan hidup.

Memiliki mental yang sehat bukan berarti bahwa kita tidak akan pernah melalui masa buruk atau mengalami masalah emosional. Kita semua pasti akan dihadapkan pada kekecewaan, kehilangan, dan perubahan. Ini merupakan bagian normal dari kehidupan, hal-hal di atas masih dapat menyebabkan kesedihan, kecemasan, dan stres.

Perbedaannya adalah bahwa orang-orang dengan kesehatan emosional yang baik memiliki kemampuan untuk bangkit kembali dari keterpurukan, trauma, dan stres. Orang yang secara emosional dan mental sehat, memiliki alat untuk mengatasi situasi sulit dan menjaga pandangan untuk tetap positif. Mereka tetap fokus, fleksibel, dan kreatif di saat yang buruk. Salah satu faktor kunci dalam kesehatan mental adalah kemampuan untuk menyeimbangkan stres dan emosi Anda. Kapasitas untuk mengenali emosi Anda dan mengekspresikannya secara tepat membantu Anda menghindari anda terjebak dalam depresi, kecemasan, atau suasana hati yang negatif lainnya.

Merawat tubuh Anda adalah langkah pertama terhadap kesehatan mental dan emosional. Pikiran dan tubuh kita saling berkaitan. Ketika Anda meningkatkan kesehatan fisik Anda, Anda akan secara otomatis mengalami kesehatan mental dan emosional. Misalnya, olahraga tidak hanya memperkuat jantung dan paru-paru kita, tetapi juga melepaskan endorfin, zat kimia yang memberikan energi pada kita dan memperbaiki suasana hati kita.

Kegiatan Anda terlibat dalam, dan pilihan setiap hari yang Anda buat, mempengaruhi cara Anda merasa secara fisik dan emosional.

Dalam rangka mempertahankan dan memperkuat kesehatan mental dan emosional Anda, penting untuk memperhatikan kebutuhan dan perasaan Anda sendiri. Jangan biarkan stres dan emosi negatif menguasai. Cobalah untuk menjaga keseimbangan antara tanggung jawab sehari-hari dan hal-hal yang seharusnya Anda nikmati. Jika Anda merawat diri sendiri dengan baik, Anda akan lebih siap untuk menghadapi tantangan.

Setiap orang berbeda; tidak semua hal akan sama-sama bermanfaat bagi semua orang. Beberapa orang merasa suka santai, sementara yang lain membutuhkan lebih banyak aktivitas dan lebih banyak kegembiraan atau stimulasi untuk merasa lebih baik. Yang penting adalah untuk menemukan kegiatan yang Anda nikmati dan yang memberikan motivasi.


Tidak peduli berapa banyak waktu yang Anda curahkan untuk meningkatkan kesehatan mental dan emosional Anda, Anda masih perlu orang lain untuk menjadi yang terbaik. Manusia adalah makhluk sosial dengan kebutuhan emosional untuk terhubung secara positif dengan orang lain. Otak sosial kita mendambakan persahabatan, bahkan ketika pengalaman telah membuat kita malu dan tidak percaya orang lain.

Kuncinya adalah untuk menemukan hubungan yang mendukung dengan seorang pendengar yang baik, yang akan mendengarkan Anda dengan baik. Seorang pendengar yang baik akan mendengarkan perasaan di balik kata-kata Anda, dan tidak akan mengganggu atau menghakimi atau mengkritik Anda. Bagaimana cara untuk menemukan pendengar yang baik? Jadilah pendengar yang baik untuk diri sendiri.

0 Komentar Strategi Membangun Kesehatan Mental dan Emosional

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top