Pengertian Literasi Informasi Menurut Para Ahli

Literasi Informasi adalah salah satu cabang dari transformasi makna literasi yang selama ini terus berkembang. Istilah ini adalah terjemahan dari bahasa inggris information literacy. Orang yang pertama kali mempopulerkan istilah ini adalah Paul Zurkowski (President of Information Industry Association)  Ada banyak definisi tentang Literasi Informasi ini yang beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. Baca juga 9 Jenis Literasi yang Diperlukan dalam Menghadapi Era Digitalisasi

Menurut CILIP, Literasi Informasi adalah kemampuan yang berkaitan dengan kapan dan mengapa kita membutuhkan informasi; di mana kita harus mencarinya; bagaimana cara mengevaluasinya, menggunakannya, serta mengomunikasikannya secara beretika.

Menurut ACRL Literasi informasi adalah seperangkat kemampuan yang terintegrasi meliputi penemuan reflektif informasi, pemahaman tentang bagaimana informasi yang dihasilkan dan dinilai, dan penggunaan informasi dalam menciptakan pengetahuan baru dan berpartisipasi secara etis dalam komunitas pembelajaran.

Kita hidup di Era banjir Informasi. Kita memiliki internet, televisi, radio, dan sumber informasi lain yang tersedia untuk kita 24 jam. Namun, hanya karena begitu banyaknya informasi serta begitu mudah dan cepat tersedia, tidak berarti bahwa semua itu bermanfaat untuk kita konsumsi. Sekarang menemukan informasi yang valid dan berkualitas sangatlah sulit. Tidak mudah menemukan informasi yang benar-benar baik dan bermanfaat untuk kita. Dan hal-hal yang baik tidak selalu datang murah. Untuk itulah di era ini kita harus cerdas dengan penguasaan skill Literasi Informasi. Skill ini sangat penting terutama bagi para peserta didik, agar mereka dapat berpikir secara analitis, kritis, terhadap setiap informasi. Simak 8 Kriteria Skill Literasi Informasi Ini Harus Anda Kuasai

Menurut Wesleyan's librarians, Literasi Informasi adalah keterampilan penting dalam menemukan pengetahuan baru. Hal ini melibatkan mengenali kapan informasi diperlukan dan mampu efisien dalam mencari, akurat dalam mengevaluasi, secara efektif menggunakan, dan jelas mengkomunikasikan informasi dalam berbagai format. Hal ini mengacu pada kemampuan untuk menavigasi lingkungan informasi berkembang pesat, yang meliputi peningkatan jumlah pemasok informasi serta jumlah yang disediakan, dan termasuk tubuh literatur profesional, media populer, perpustakaan, internet, dan banyak lagi. Semakin banyak dan beragamnya informasi yang tersedia dalam berbagai format tersedia tanpa filter, semakin memunculkan pertanyaan tentang otentisitas, validitas, dan reliabilitas. banyaknya informasi ini sedikit membantu bagi mereka yang belum belajar bagaimana menggunakannya secara efektif.

Kemampuan literasi informasi tidak dapat dipisahkan dari kemampuan individu dalam penguasaan teknologi informasi. Kemampuan ini akan memungkinkan kita untuk mencari, memilih dan mengevaluasi informasi yang kita temukan. Tanpa kemampuan literasi informasi yang baik, kita akan terombang ambing oleh derasnya arus informasi yang setiap hari mengelilingi. Dalam hal ini, informasi tidak terbatas hanya yang bersifat tekstual saja, namun mencakup audio visual seperti gambar dan video.

Wikipendidikan
Back To Top