Sabtu, 01 Oktober 2016

Pengertian Paragraf dan Fungsinya dalam Tulisan

Paragraf berasal dari Yunani "para" yang berarti berhubungan dengan, di samping, dan "grafein" yang berarti tulisan. Dengan kata lain, paragraf adalah sekelompok kalimat yang saling berhubungan dan bersama-sama menjelaskan buah pikiran yang diungkapkan dalam tulisan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan bahwa Paragraf ialah bagian bab dalam suatu karangan yang biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru.


Dalam definisi lain disebutkan bahwa paragraf ialah sekelompok kalimat yang saling berhubungan dan bersama-sama menjelaskan satu unit buah pikiran untuk mendukung buah pikiran yang lebih besar yang diungkapkan dalam sebuah tulisan.

Dari pengertian-pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa paragraf merupakan bagian bab dalam sebuah tulisan yang terdiri atas rangkaian kalimat dan merupakan kesatuan pikiran yang lebih tinggi serta lebih luas dari kalimat.

Paragraf merupakan rangkaian kalimat yang tersusun secara logis dan sistematis yang merupakan kesatuan ekspresi pikiran yang relevan dan mendukung pikiran pokok yang tersirat dalam keseluruhan karangan yang secara teknis penulisan ditandai dengan tulisan yang menjorok ke dalam.

Paragraf merupakan wadah bagi seorang penulis untuk menuangkan pokok-pokok pikirannya yang dikemas ke dalam kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas. Berdasarkan letak dari kalimat utamanya, paragraf dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu paragraf deduktif, induktif, deduktif-induktif, ineratif, dan paragraf tanpa kalimat utama.

Adapun di antara fungsi Paragraf ialah sebagai berikut:
  1. Sebagai penampung fragmen ide pokok keseluruhan karangan.
  2. Alat untuk memudahkan pembaca memahami jalan pikiran penulisnya. Bagaiamana seandainya sebuah tulisan yang sangat panjang ditulis tanpa paragraf-paragraf? Tentu kita akan bingung dan jenuh membacanya.
  3. Penanda bahwa pikiran baru dimulai. Hal ini ditandai dengan tulisan yang menjorok ke dalam.
  4. Alat untuk mengembangkan jalan pikiran secara sistematis.
  5. Paragraf berguna sebagai pengantar, transisi dan penutup.
Demikianlah uraian tentang Pengertian dan Fungsi Paragraf dalam tulisan. Dalam sebuah tulisan, kita pasti menemui paragraf, sebab perannya sangat vital. Tak akan disebut karya tulis jika di dalamnya tidak ada paragraf-paragraf.

Referensi:
  • Puspidalia, Yuenti Sova. 2011. Terampil Berbahasa Indonesia. Ponorogo: STAIN Po PRESS
  • Asul Wiyanto. Terampil menulis paragraf. Jakarta: Grasindo, tt.

0 Komentar Pengertian Paragraf dan Fungsinya dalam Tulisan

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top