Kamis, 06 Oktober 2016

Pelajaran Berharga dari Kehidupan Burung

Allah memerintahkan kita untuk "membaca" alam semesta yang terhampar luas ini agar kita memetik hikmah, pelajaran, serta menguatkan keimanan kita pada-Nya. Apa yang setiap hari kita saksikan di lingkungan sekitar kita, bisa menjadi objek pembelajaran agar kita menjadi lebih bijaksana. Dari sekian banyak makhluk ciptaan-Nya, burung merupakan salah satu hewan yang menyimpan banyak hal untuk kita pelajari.

Bila kita sedang mengalami kesulitan hidup karena himpitan kebutuhan materi, ingatlah pada burung. Setiap pagi burung terbang dari sarangnya untuk mencari makan. Sebelumnya, ke mana burung akan mencari makan tidak terfikir olehnya. Karena itu pada sore hari burung baru pulang dengan perut kenyang dan bisa membawa makanan bagi keluarga. Kadang makanan yang di bawanya hanya cukup buat anak-anaknya, sementara ia harus “berpuasa”. Bahkan, si burung sering kali pulang tanpa membawa makanan sehingga ia dan anak-anaknya harus “berpuasa”.


Burung lebih sering mengalami kekurangan makanan karena tidak punya “kantor” yang tetap-apalagi setelah manusia banyak menyerobot lahan untuk kepentingannya sendiri. Namun, kita tidak pernah melihat seekor burung putus asa dan berusaha bunuh diri, kita tidak pernah melihat seekor burung yang tiba-tiba menukik, membenturkan kepalanya ke batu. Kita tidak pernah melihat seekor burung tiba-tiba menenggelamkan diri ke sungai. Kita tidak pernah melihat seekor burung memilih meminum racun untuk mengakhiri penderitaannya.

Burung tetap optimis akan makanan yang dijanjikan Tuhan. Walau kelaparan, setiap pagi burung tetap berkicau merdu. Tampaknya burung menyadari benar bahwa demikianlah hidup: Suatu waktu berada di atas dan lain waktu berada di bawah, suatu waktu kelebihan dan lain waktu kekurangan, suatu waktu kekenyangan dan lain waktu kelaparan. Simak juga Ketahui 7 Pelajaran dari Mengantre

Dibandingkan dengan burung, sarana yang dimiliki manusia untuk mencari nafkah jauh lebih hebat. Namun, mengapa manusia yang dibekali banyak kelebihan ini sering kali kalah dari burung? Mengapa manusia banyak berputus asa lalu bunuh diri ketika menghadapi kesulitan? Rupanya kita perlu banyak belajar dari burung. [Dikutip dari FB Ahmad Syafii]

0 Komentar Pelajaran Berharga dari Kehidupan Burung

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top