Membangun Budaya Literasi Sejak Dini Bersama MBC

Apa sih MBC itu? MBC adalah singkatan dari Mobile Book Collections, yaitu nama sebuah proyek sosial yang memfokuskan diri pada upaya menumbuhkan budaya literasi kepada remaja dan anak-anak. Di MBC, mereka diedukasi bahwa membaca itu merupakan hal yang sangat menyenangkan dan juga penting. Di samping itu, MBC juga membagikan buku secara gratis sebagai reward kepada anak yang kurang mampu seperti anak jalanan. Upaya untuk terus membangun Budaya Literasi di negeri ini dimaksudkan guna menumbuhkan budaya berfikir yang kemudian diikuti oleh sebuah proses literasi berupa membaca, yang pada akhirnya proses tersebut terciptalah karya-karya dari aktifitas menulis.

Adalah Anifatul Jannah sebagai founder MBC, seorang wanita muda nan cantik kelahiran Sidoarjo. Di blog resmi MBC dia mengungkapkan bahwa akan terus berupaya mengkampanyekan akan urgensi budaya literasi kepada anak-anak dan remaja di seluruh Indonesia dengan melakukan mobilisasi dari satu daerah ke daerah lain dengan harapan edukasi tentang pentingnya menumbuhkembangkan budaya literasi ini dapat menjangkau semua tempat yang disitu terdapat anak-anak/remaja kurang mampu agar tergerak untuk terus belajar, di mana dengan adanya MBC ini mereka bisa membaca dan meminjam buku secara gratis.


Melalui kerjasama dengan penerbit, MBC berupaya melakukan penjualan buku via online sebagai upaya pengembangan sekaligus agar pendanaan program dapat dilakukan secara mandiri sehingga kegiatan dapat terus berjalan. MBC menyadari betul bahwa membaca merupakan sebuah kebutuhan anak-anak Indonesia dalam rangka untuk memperkaya pengetahuan mereka.

Tak dapat dipungkiri bahwa membaca merupakan aktifitas yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia merupakan salah satu faktor mengapa sampai saat ini kualitas pendidikan Indonesia masih tergolong rendah bila dibandingkan dengan negara-negara lain.

MBC hadir sebagai sebuah ide kreatif sekaligus upaya konkrit untuk ikut berkontribusi membangun pendidikan Indonesia menjadi lebih berkualitas melalui upaya menumbuhkan minat baca di kalangan anak-anak yang kurang mampu. Perhatian MBC ini diprioritaskan untuk anak-anak jalanan, anak pesisir, dan anak-anak yang berada di daerah pegunungan di mana fasilitas membaca masih minim atau bahkan tidak ada sama sekali.

Anifa meyakini rendahnya budaya baca anak-anak bukan karena mereka malas, namun karena tidak adanya fasilitas yang memungkinkan mereka untuk membaca. Oleh karena itulah, MBC hadir layaknya perpustakaan umum yang berjalan mendatangi mareka; mengedukasi; bahkan membagikan buku secara gratis. Anifa optimis langkah yang dilakukan MBC ini dapat membawa perubahan besar menuju pendidikan Indonesia yang lebih baik dengan terwujudnya manusia yang memiliki intelektualitas tinggi serta berintegritas.

Saat ini, MBC mengundang anda semua yang berdomisili di Sidoarjo dan sekitarnya untuk bergerak menuju cita-cita Indonesia lebih baik untuk bergabung bersama MBC menjadi sebuah tim untuk mewujudkan cita-cita generasi Bangsa dengan pendidikan dan teladan baik dan dengan yang cara baik pula. Sudah saatnya yang muda beraksi dan berkontribusi positif untuk Bangsa. Untuk melakukan pendaftaran volunteer bisa langsung klik link http://bit.ly/2dI5jC3 dan untuk informasi lebih lanjut silahkan langsung kontak mbak Anifa di WA : 085607228325. Kunjugni juga blog resminya di https://indonesiambc.wordpress.com/

0 Komentar Membangun Budaya Literasi Sejak Dini Bersama MBC

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top