Cara Mudah Melatih Kekuatan Fokus Pikiran Kita

Dalam hidup ini, saya yakin bahwa siapapun pasti pernah mengalami kesulitan untuk fokus pada suatu hal tertentu.Tidak hanya dalam pendidikan dan pekerjaan, namun juga dalam banyak hal lain dalam hidup ini. Dalam islam, fokus diistilahkan dengan istiqomah. Dalam pekerjaan, apapun jenis pekerjaannya, fokus merupakan kunci agar kita dapat bekerja secara produktif dan efektif. Kalau kita bisa fokus, kita dapat menyelesaikan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan kalau kita terus menunda-nunda pengerjaannya sampai menumpuk. Tentu bisa dibayangkan berapa banyak waktu kita yang terbuang selama masa penundaan itu, bukan?

Dalam dunia kerja, fokus merupakan hal yang sangat penting, namun banyak orang yang tak mampu melakukannya, bahkan justru bertindak sebaliknya. Banyak orang (mungkin termasuk saya,,hehe), yang belum selesai mengerjakan satu pekerjaan, sudah melompat ke pekerjaan lainnya. Skripsi belum selesai sudah sibuk pengen kawin, tugas kuliah belum selesai,malah ditinggal main PS. Akibatnya kita merasa tak pernah bisa bernafas lega. Seringkali harus terpaksa lembur sampai larut malam demi menyelesaikan sebuah pekerjaan.


Bila kita masih sulit fokus terhadap suatu hal, maka mulai sekarang kita harus belajar untuk tidak membiarkan perhatian pikiran kita meloncat-loncat. Jangan biarkan diri kita melakukan pekerjaan lain sementara pekerjaan sebelumnya belum tuntas. Fokuslah pada satu pekerjaan yang sedang kita kerjakan. Orang jawa bilang, apa pun jenis pekerjaannya asalkan ditekuni (fokus), maka insyaallah pekerjaan itulah yang akan menjadi jalan rezeki kita. Fokus merupakan sesuatau yang berharga dalam hidup ini, di mana agar hal itu menjadi bagian dari kebiasaan kita dibutuhkan serangkaian proses perjuangan yang tidak mudah.

Karena mungkin begitu banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan, maka menentukan skala prioritas merupakan suatu keharusan. Menentukan skala prioritas yang tepat pada pekerjaan yang akan kita hadapi dapat membantu kita memilih mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang harus dinomorduakan. Sebab tidak mungkin dengan kemampuan kita yang serba terbatas, dapat mengerjakan dua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Ataupun kalau bisa, tentu hasilnya tidak akan maksima, toh kita memang bukan makhluk multitasking seperti komputer.

Ucapkan selamat tinggal pada kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Karena itu merupakan penyakit yang dapat membunuh produktifitas, efektifitas, dan efisiensi kita. Semakin sering kita menunda-nunda pekerjaan, maka akan semakin menumpuk yang harus kita kerjakan. Akibatnya, kita akan kesulitan untuk menentukan skala prioritas, sebab terlalu banyak prioritas-prioritas yang kita biarkan terbengkalai karena kita tunda-tunda pengerjaannya. Di samping itu, kita juga harus bekerja dengan hati yang senang dan benar-benar mencintai apa yang kita kerjakan, karena hal itu akan membuat pekerjaan kita terasa lebih ringan.

Hidup ini merupakan serangkain proses perjuangan untuk mendapatkan apa-apa yang kita inginkan. Agar kita bisa fokus, kita harus benar-benar mengerti apa saja yang kita inginkan, mengapa kita menginginkan hal itu, dan bagaiman cara terbaik yang seharusnya kita tempuh untuk mencapai keinginan-keinginan tersebut.

0 Komentar Cara Mudah Melatih Kekuatan Fokus Pikiran Kita

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top