Jumat, 28 Oktober 2016

Apa itu Strategi Pembelajaran?

Dalam dunia pendidikan kita mengenal istilah strategi pembelajaran, apa itu? strategi pembelajaran adalah sebuah perencanaan yang di dalamnya tersusun serangkaian kegiatan yang sengaja didesain guna mencapai suatu tujuan. Menurut Kemp, strategi pembelajaran adalah aktifitas pembelajaran di mana guru dan peserta didik harus bekerja bersama-sama agar tujuan pelajaran bisa tercapai dengan efektif dan efisien.

Sedangkan menurut definisi Dick dan Carey, strategi pembelajaran terdiri dari semua komponen materi pembelajaran serta tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru untuk membantu peserta didik dapat mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Lebih dari itu, strategi pembelajaran juga meliputi pemilihan materi pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik.

pengertian strategi pembelajaran

Cropper memiliki definisi yang lebih praktis tentang strategi pembelajaran, menurutnya strategi pembelajaran ialah upaya untuk memilih berbagai jenis latihan yang cocok dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

Berdasarkan definisi pembelajaran menurut beberapa ahli di atas, setidaknya dapat diambil dua poin pentingnya. Pertama, bahwa strategi pembelajaran merupakan sesuatu yang bersifat konseptual, yakni kerangka konseptual yang berisi rencana tindakan termasuk pemilihan model dan pemanfaatan berbagai sumber daya yang tersedia guna mendukung kesuksesan proses pembelajaran. Kedua, bahwa strategi pembelajaran disusun dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Oleh karenanya, sebelum menentukan strategi pembelajaran, perlu terlebih dahulu merumuskan tujuan yang jelas yang keberhasilannya dapat diukur.

Sampai di sini jelas bahwa agar mampu melaksanakan tugasnya sebagai seorang profesional di bidangnya, guru harus memiliki wawasan yang mendalam mengenai kemungkinan-kemungkinan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Lebih dari itu, guru juga dituntut untuk memiliki penguasaan teknis yang baik dalam merancang lingkungan belajar mengajar dan mengimplementasikan apa yang telah direncanakannya secara efektif ke dalam desain instruksional.

Diskusi, ceramah, kerja kelompok, LCD, video, audio, dan lainnya merupakan metode, alat, dan teknik yang menjadi bagian yang dibutuhkan dari pelaksanaan strategi pembelajaran. Dalam sebuah pembelajaran, terkadang dibutuhkan lebih dari satu strategi pembelajaran.

Sumber: Modul Strategi Pembelajaran LAPIS PGMI, Surabaya, 2008.

0 Komentar Apa itu Strategi Pembelajaran?

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top