Sabtu, 01 Oktober 2016

10 Manfaat dan Hikmah dari Hidup Mandiri

Bisa hidup mandiri merupakan dambaan bagi semua orang. Apa sih hidup mandiri itu? Hidup mandiri bisa diartikan sebagai keadaan di mana kita tidak lagi “menggantungkan” segala kebutuhan kita kepada orang lain. Bukan berarti kita tidak lagi membutuhkan orang lain. Akan tetapi, untuk memenuhi kebutuhan hidup ini, kita sudah mampu mengusahakannya dengan tangan kita sendiri. Biasanya , sebuah kemandirian dikaitkan dengan ketidaktergantungan kita terhadap orang tua, baik dari segi finansial maupun dalam hal kemampuan kita menyelesaikan berbagai problem kehidupan.

Dengan sebuah kemandirian, kita dapat lebih leluasa untuk mengontrol dan mengendalikan hidup kita sendiri tanpa perlu khawatir terhadap berbagai intervensi dan otoritas orang lain. Kita tidak selamanya hidup di bawah ketiak orang tua kita. Setelah menginjak usia dewasa, hidup mandiri tanpa banyak bergantung kepada orang tua merupakan sebuah keniscayaan. Baca juga Motivasi Hidup Ala Kang Mujib

Memang sebuah kemandirian tidak bisa dibangun semalam jadi, butuh kekuatan fisik, mental, dan semangat berusaha yang terus menyala walau badai halangan dan rintangan terus datang menerpa. Dalam hidup ini, tidak ada yang serba instan, sebuah kamandirian harus kita bangun secara tahap demi tahap, selambat apa pun proses yang kita jalani, yang terpenting jangan sampai kita berhenti.


Ada banyak sekali hikmah yang bisa kita petik ketika kita sudah mampu hidup secara mandiri. Di antaranya adalah:
  1. Hidup mandiri akan menjadikan kita sebagai manusia yang percaya diri. Kita percaya bahwa diri kita memiliki potensi yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Kita percaya bahwa Tuhan telah menganugerahkan kita kemampuan untuk menjalani hidup ini.
  2. Kita akan semakin peka terhadap pola pikir dan pola perilaku manusia-manusia yang ada di lingkungan sekitar kita, apakah lingkungan kita diisi oleh orang-orang yang memiliki semangat untuk hidup mandiri atau tidak. Bukan untuk menjustifikasi mereka, namun sebagai bahan evaluasi, syukur-syukur kita bisa menjadi motor penggerak kemandirian orang-orang di sekitar kita.
  3. Kita akan semakin sadar dan bijaksana dalam menyikapi dan memaknai proses kehidupan. Sebagaimana yang kita tau, bahwa untuk mencapai sesuatu yang besar perlu perjuangan, termasuk berjuang untuk sebuah kemandirian.
  4. Hidup mandiri adalah salah satu indikator kesuksesan kita. Baik secara finansial, mental, atau yang lainnya. Apakah orang yang hidupnya terus bergantung kepada pemberian orang lain bisa disebut sukses?
  5. Menjadi pribadi mandiri adalah aset berharga bagi kita sekaligus merupakan modal utama meraih kebahagiaan di masa depan.
  6. Kemandirian adalah keputusan besar dalam hidup ini. Ketika kita telah bertekad untuk mencapainya, maka kita harus terus bergerak sampai finish. Memang butuh waktu yang mungkin cukup lama dan penuh perjuangan, namun hasilnya akan sebanding dengan semua itu, bahkan mungkin lebih.
  7. Ketika anda menjadi pribadi mandiri, anda termasuk orang yang kuat dan istimewa, sebab anda dianugerahi Tuhan kekuatan untuk memikul beban berat yang tidak mampu dipikul oleh orang yang belum mandiri.
  8. Kita akan menjadi pribadi yang penuh dengan mental optimisme dalam memandang masa depan ketika kita telah menginjakkan kaki kita pada tangga kemandirian.
  9. Ketika kita bercita-cita untuk menjadi pribadi mandiri, maka kita akan bersemangat untuk terus belajar dan berbuat. Karena kemandirian itu membutuhkan proses akumulasi antara skill dan action.
  10. Menjadi pribadi mandiri adalah hadiah terindah yang harus anda berikan kepada anak dan istri anda. Tentu semua orang meyakini bahwa keluarga adalah gerbang kemandirian. Artinya, ketika kita sudah berani menikah, maka mulai detik itulah kita harus menjadi pribadi yang mandiri.
Itulah 10 Manfaat dan Hikmah penting yang bisa kita petik dari sebuah kemandirian. Mungkin sebagian dari kita saat ini belum bisa menjadi pribadi yang mandiri, namun bukan berarti kita harus putus asa dan menyerah. Berdo’a, belajar, berlatih, bertindak, itulah kuncinya.

Tuhan telah menyediakan berbagai sumber daya yang dapat kita manfaatkan untuk medapatkan sebuah kemandirian. Hal itu meiputi akal, sahabat, sumber daya alam, dan segala ilmu pengetahuan yang tersebar di muka bumi ini. Semoga Allah SWT. memudahkan jalan kita semua dalam menggapai kemandirian.

0 Komentar 10 Manfaat dan Hikmah dari Hidup Mandiri

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top