Selasa, 27 September 2016

Launching dan Bedah Buku Sejarah Kenabian Karya Dr. Aksin WIjaya

Sore ini, P3M IAIN Ponorogo meyelenggarakan sebuah acara Launching dan Bedah Buku Sejarah Kenabian karya Dr. Aksin Wijaya, seorang dosen, peneliti, penulis produktif, ilmuan, sekaligus ketua P3M IAIN Ponorogo saat ini. Beliau juga dikukuhkan sebagai salah satu dosen teladan versi kemenag dalam bidang islamic studies. Sebagai pembandingnya yaitu Dr. Al Makin P.hD sore ini tidak bisa hadir sehingga digantikan oleh sahabat beliau Dr. A. Bunyan Wahid, MA. Hadir juga Dr. Ahmad Munir, seorang pakar tafsir yang juga dosen tetap IAIN Ponorogo sebagai pembanding yang kedua. Acara bertempat di Graha Watoe Dhakon IAIN Ponorogo.

Dr. Aksin sebagai author menyampaikan dengan singkat, padat, dan jelas tentang isi buku Sejarah Kenabian ini. Tampak hadir para dosen dan mahasiswa baik dari IAIN Ponorogo maupun dari kampus lain. Mereka nampak sangat antusias dalam mengikuti diskusi sejak awal hingga akhir acara.


Sekilas tentang buku Sejarah Kenabian ini, bahwa buku ini merupakan hasil penelitian penulis saat berkunjung ke Maroko. Buku ini berupaya mengungkap pemikiran Muhammad Izzat Darwazah yang menafsirkan Al-Quran dengan metode Tafsir Nuzuli, yaitu penafsiran berdasarkan urutan turunnya ayat Al-Quran.


Dr. Aksin Wijaya bisa dikatakan salah satu dari sedikit orang yang membawa pemikiran Izzat Darwazah ke dalam pergumulan keilmuan islam nusantara. Muhammad Izzat Darwazah sendiri merupakan seorang intelektual asal Pakistan yang menyusun sirah atau sejarah kenabian dengan tafsir Al-Quran dengan Tartib Nuzul. Ia memandang bahwa metode ini paling tepat untuk digunakan dalam menafsirkan Al-Quran karena bagaimanapun juga Al-Quran adalah wahyu tuhan yang tidak lepas dari realitas, baik dalam konteks pra-islam, sisi pribadi Nabi Muhammad SAW, maupun realitas kehidupan pada era kenabian itu sendiri.

Dalam buku Sejarah Kenabian ini, Dr. Aksin Wijaya hanya mendeskripsikan secara apik gagasan Muhammad Izzat Darwazah. Bisa dibilang beliau adalah orang pertama yang menusantarakan pemikiran Muhammad Izzat Darwazah, mengingat selama ini masih jarang yang meneliti dan cenderung terabaikan, serta sama sekali belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.


Dalam buku Sejarah Kenabian yang ditulis oleh Dr. Aksin Wijaya ini, pembaca akan dihantarkan pada model tafsir nuzuli ala Noldeke, Muhammad Abid al Jabiri dan tentu saja Muhammad Izzat Darwazah. Kemudian dilanjutkan dengan potret masyarakat arab pada masa pra kenabian, Nabi Muhammad, kepribadian beliau, yang meliputi akhlak, perkawinan, hingga hubungan Nabi Muhammad dengan Allah. Dan yang terakhir adalah potret sejarah dakwah dan masyarakat pada era kenabian Nabi Muhammad

Terakhir, terimakasih kepada Dr. Aksin Wijaya yang selama ini telah memberikan banyak sekali ilmu dan membagikan pengalamannya kepada saya terutama melalui forum KKP (Komunitas Kajian Proliman). Semoga buku ini benar-benar bermanfaat bagi siapa saja yang mau membaca dan mengkajinya.

0 Komentar Launching dan Bedah Buku Sejarah Kenabian Karya Dr. Aksin WIjaya

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top