Selasa, 20 September 2016

5 Kelebihan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Film dan Video

Ada banyak cara dan media yang gunakan untuk Belajar Bahasa Inggris. Salah satu media yang mudah dan menyenangkan untuk kita pakai Belajar Bahasa Inggris adalah Film atau video. Nonton video atau film merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Khususnya dalam aspek kemampuan listening dan speaking. Film-film barat yang notabene menggunakan bahasa Inggris, sebenarnya tidak dibuat sebagai sarana Belajar Bahasa Inggris, namun memang film tersebut dibuat untuk dikonsumsi masyarakat pengguna bahasa Inggris. Kita sebagai masyarakat yang dalam kehidupan sehari-hari tidak menggunakan bahasa inggris, film-film barat tersebut bisa kita manfaatkan sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Baca juga 50 Tips Belajar Bahasa Inggris dari Nol sampai Mahir Secara Otodidak

Menonton film-film berbahasa Inggris merupakan aktifitas latihan tambahan di luar pengajaran bahasa Inggris yang anda lakukan di lembaga kursus, sekolah, atau di kampus. Jadi sifatnya hanya sebagai pelengkap materi yang mungkin saja tidak anda dapatkan ketika belajar di kelas atau sebagai sarana pendukung bagi anda dalam memahami secara lebih mendalam materi-materi yang diajarkan oleh guru/tutor/dosen anda. Tapi jangan salah, belajar Bahasa Inggris melalui film terbukti dapat meingkatkan kemampuan kita dalam penguasaan bahasa inggri, baik dari segi kosakata maupun yang lainnya.

Belajar Bahasa Inggris Melalui Media Film Terbukti Efektif

Cara memanfaatkan film berbahasa Inggris sebagai media untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda di antaranya dapat anda lakukan dengan cara memilih jenis film yang sesuai dengan tingkat penguasaan bahasa Inggris anda. Artinya, kosakata atau tata bahasa yang digunakan dalam film tersebut sesuai dengan level pemahaman anda terhadap bahasa Inggris.

Jika level bahasa Inggris anda masih rendah, maka pilihlah film berbahasa Inggris yang pernah anda lihat sebelumnya atau pilihlah film berbahasa Inggris untuk anak-anak. Secara otomatis, film jenis ini menggunakan bahasa Inggris yang lebih sederhana. Namun jika anda merasa telah cukup menguasai bahasa Inggris dengan matang, anda bisa melakukan tantangan untuk diri anda sendiri dengan memilih film yang menggunakan bahasa Inggris lebih rumit.

Untuk lebih mudahnya lagi, pilihlah film yang di dalamnya dilengkapi dengan teks subtitle berbahasa Inggris. Dengan begitu, anda bisa membaca teks subtitle tersebut bersamaan dengan anda mendengarkan percakapan di dalamnya. Tapi bila hal itu masih sulit, tidak apa-apa jika sebagai latihan awal anda memilih subtitle yang berbahasa Indonesia terlebih dahulu.

Bila ada bagian-bagian yang kurang anda pahami, silahkan putar ulang bagian itu. Dengan kecanggihan software media player yang banyak beredar, kita sangat terbantu dalam Belajar Bahasa Inggris.

Cara lain yang bisa anda terapkan yaitu pertama kali tontonlah film berbahasa Inggris tanpa subtitle. Tentu banyak yang tidak bisa anda pahami. Namun hal itu tidak masalah, lanjutkan menonton film itu untuk yang kedua kalinya, namun dengan subtitle berbahasa Inggris. Dan yang ketiga kalinya dengan bahasa indonesia. Tahapan-tahapan ini akan membantu meningkatkan kemampuan anda dalam listening.

belajar bahasa inggris online


Apakah kelebihan Belajar Bahasa Inggris dengan media Film? Yaps, mungkin ada sebagian dari anda yang bertanya seperti itu. Perlu anda ketahui bahwa menonton film berbahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda dalam hal-hal berikut ini:

1. Meningkatkan Keterampilan listening (mendengarkan)

Anda akan mendengarkan secara langsung dan alami dari penggunaan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari yang dipraktekkan secara langsung oleh orang yang notabene menggunakan bahasa Inggris. Meskipun anda tidak terlalu memahaminya karena pengucapan dan jeda waktu yang terlalu cepat, tapi lama kelamaan anda akan terbiasa mendengarkan penutur bahasa Inggris asli bercakap-cakap satu sama lain. Anda juga akan banyak mendengarkan kosakata bahasa Inggris tak resmi dan frasa-frasa tidak resmi yang belum pernah anda temukan sebelumnya di kamus atau buku berbahasa Inggris.

2. Meningkatkan Keterampilan speaking (berbicara)

Sering mendengarkan orang Inggris pribumi atau orang yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa aslinya juga dapat meningkatkan kemampuan anda dalam berbicara dengan bahasa Inggris (speaking). Dengan mendengarnya, anda akan belajar intonasi dan aksentuasi pada kata-kata atau kalimat tertentu. Agar hasil belajar anda lebih maksimal, tontonlah sebuah film berbahasa Inggris bersama teman-teman anda kemudian setelah itu cobalah untuk mendemonstrasikan kembali dialog yang ada di film tadi dengan teman anda.

3. Meningkatkan kemampuan dalam mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan baik dan benar (vocabulary)

Anda tentu sering menemui banyak kesulitan dan ketidaktahuan tentang bagaimana cara mengucapkan kata-kata Inggris yang anda temui, terutama kata-kata yang panjang dan sulit diucapkan oleh lidah orang indo tulen. Dengan mendengarkan penutur asli bahasa Inggris berbicara satu sama lain akan membantu anda untuk mendengarkan bagaimana kata-kata itu diucapkan. Pun pula jika anda menggunakan subtitle bahasa Inggris, anda juga dapat melihat bagaimana kata itu ditulis dengan benar.

4. Menambah banyak kosakata baru dalam bahasa Inggris

Dengan menonton film berbahasa Inggris, anda akan mendengar banyak kosakata dan frasa baru, seperti idiom-idiom dan ekpresi sehari-hari. Siapkan buku catatan anda kemudian catatlah setiap kata atau frasa baru yang anda dengar dan ingin anda ingat atau yang belum anda mengerti. Selanjutnya, anda bisa mencari maknanya melalui kamus atau guru bahasa Inggris anda.

5. Menerapkan teori ke dalam praktek

Di kelas atau tempat anda kursus bahasa Inggris, anda tentu mempelajari banyak teori-teori tentang bahasa Inggris, tetapi anda mungkin belum tau bagaimana menggunakannya dalam praktek kehidupan sehari-hari. Menonton film berbahasa Inggris akan membantu anda memahami bagaimana menggunakan semua pengetahuan dan teori yang telah anda pelajari dalam situasi sehari-hari.

Alhasil, menonton film berbahasa Inggris dengan bahasa Inggris asli lebih menyenangkan daripada menonton film berbahasa Inggris dengan pengisi suara. Demikianlah artikel Belajar Bahasa Inggris Melalui Media Film Terbukti Efektif. Semoga bermanfaat... (Artikel ini diolah dari sumber aslinya di http://EzineArticles.com/expert/Sara_Rink/1751717)
Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top