Selasa, 12 Juli 2016

Rivalitas Dua Kampus Besar di Ponorogo

Karena ini masih dalam suasana idul fitri, sebagai admin saya mengucapkan selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin. Sampai detik ini, suasana idul fitri di kota Ponorogo masih sangat ramai, jalan-jalan pun masih dipadati oleh kendaraan. Kali ini saya akan mengutip status facebooknya kang Awan Kurniawan tentang potret kampus di Ponorogo. Bila anda termasuk kaum terpelajar, dan pas main ke Ponorogo. Jangan lupa mainlah ke desa Ronowijayan. Desa Karbalanya Mahasiswa di kota Reyog.

Di desa inilah dua kampus terbesar berdiri berhadapan. Unmuh dan STAIN Ponorogo. Persis berhadapan hanya di pisahkan jalan raya. Berdiri kokoh tapi agak wagu. Seperti rivalitas madrid Vs Barca.

Kalau dua kampus ini sampai demo, wah Ponorogo bisa repot. Apalagi sampai blokir jalan. Ponorogo bisa lumpuh total. Tapi sayangnya itu jarang terjadi. Demo terbesar dua kampus ini sudah di atur jadwalnya. Seminggu setelah Ospek di masing-masing kampus di gelar. Itupun tidak bareng. Persis seperti Barca dan Real Madrid pamer skuad terbaru d awal tahun. Selebihnya kalau ada demo paling mahasiswa yang pengen curhat atau Carper dengan rektorat mereka.

unmuh ponorogo

Selebihnya kalau mau cari aktivis Mahasiswa, cari saja di Warung kopi, warnet, rental PS. Atau sekretariat kemahasiswaaan, disana mereka sedang rapat untuk seminar. Rapat mereka sangat lama, bisa dua bulan untuk seminar yang hanya dua jam saja. Ini fakta, bukan rekayasa,,hehe

Sekarang, STAIN Ponorogo masih terus mengejar mimpinya untuk alih status menjadi IAIN yang sudah cukup basi sebagai sebuah wacana. Hal ini tentu saja akan menambah semakin sengitnya persaingan dua kampus besar yang berdampingan ini. Warna hijau yang mendominasi bangunan STAIN secara implisit mewakili kalau kampus ini mayoritas civitas akademiknya adalah orang-orang NU. Jadi lengkap sudah, selain persaingan dalam segi kualitas dan kuantitas, tapi juga masuk dalam wilayah ideologi.

Kabar baiknya, Ponorogo merupakan kota yang cinta damai dan memiliki nilai toleransi yang cukup tinggi atas perbedaan. Meskipun secara ideologi jelas-jelas berbeda, namun setau saya belum pernah ada kubu masing-masing kampus yang terlibat tawuran. Kalaupun ada, paling anak-anak SMP atau SMA yang masih labil.

0 Komentar Rivalitas Dua Kampus Besar di Ponorogo

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top