Tips Sukses Hadapi UN buat Para Pelajar

Walaupun sekarang UN bukan satu-satunya tolak ukur yang menentukan kelulusan peserta didik, namun tetap saja diperlukan persiapan yang matang agar hasilnya memuaskan. UN merupakan sebuah batu loncatan bagi para peserta didik untuk menaiki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Belajar menjadi kebutuhan wajib yang perlu dipersiapkan menjelang UN. Oleh karena itu, pada kesempatan ini wikipendidikan akan berbagi sedikit tips bagaimana belajar yang baik untuk menghadapi UN.

1. Banyak berlatih menjawab soal-soal

Practice makes perfect, begitulah bunyi salah satu idiom terkenal yang biasanya tertulis di pinggir bukut tulis yang saya pakai. Dengan banyak berlatih mengerjakan soal, maka kita akan menjadi bisa dan terbiasa untuk berpikir memecahkan masalah. Dengan fasilitas internet, sekarang soal-soal terkait Ujian Nasional (UN) dapat diunduh secara gratis dan mudah. Semakin sering kamu berlatih mengerjakan soal-soal yang bervariasi, maka saat UN nanti kamu tidak akan kaget lagi.

2. Belajar sesuai SKL dan Kisi-kisi UN

Tentu terlalu lama waktu yang dibutuhkan jika kamu harus mempelajari dan membaca semua buku pelajaran atau buku catatan kamu. Lagipula itu bukanlah cara belajar yang efektif. Maka dari itu, mintalah kepada guru untuk menginformasikan terkait SKL dan kisi-kisi UN agar memudahkan kamu untuk menentukan materi apa saja yang harus kamu pelajari. Atau kamu bisa langsung mengakses situs resmi kemdikbud untuk mendapatkan informasi terkait kisi-kisi materi Ujian Nasional sesuai dengan jenjang pendidikanmu.

3. Buatlah jadwal belajar

Masa-masa menjelang dilaksanakannya Ujian Nasional (UN) bukanlah momen yang tepat bagi kamu untuk memforsir diri untuk belajar. Justru saat ini kamu hanya perlu membuat jadwal belajar secara rutin guna mereview kembali apa saja materi yang nantinya akan di-UN-kan. Pembuatan jadwal belajar bertujuan agar belajar kamu teratur dan tidak berbenturan dengan kegiatanmu yang lain.

4. Membentuk kelompok belajar

Belajar kelompok memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan belajar secara individual. Dengan belajar kelompok, kamu bersama dengan teman-temanmu bisa saling berbagi ide dan solusi untuk memecahkan soal-soal yang kamu kerjakan sebagai latihan. Kalian juga bisa saling memotivasi satu sama lain. Namun hal itu kembali lagi pada kenyamanan individu masing-masing.

Selain beberapa tips di atas, menjelang UN, kamu juga harus menjaga kesehatan fisik dan psikis. Cara menjaga kesehatan fisik dapat dilakukan dengan pola makan dan istirahat teratur, banyak mengkonsumsi vitamin dan makanan yang bergizi, serta olahraga yang cukup. Sedangkan kesehatan psikis dijaga dengan mengatur pola pikir agar otak tetap rileks dan fresh.

Para guru juga perlu berperan dalam memberikan motivasi dan meneguhkan hati siswa dalam menghadapi UN. Guru bisa memotivasi siswa dengan cara mengajak mereka melakukan releksi bersama atas perjuangan para orang tua peserta didik yang selama ini membiayai pendidikan mereka. Hasil UN yang baik merupakan bentuk keseriusan dan bentuk apresiasi para peserta didik atas perjuangan orang tua selama ini. Selain itu, pihak sekolah juga perlu melakukan doa bersama untuk kesuksesan UN dengan melibatkan para orang tua wali.

Hal yang paling penting terkait dengan hasil UN yaitu soal kejujuran. Ya, nilai UN yang baik adalah nilai murni yang didapatkan dengan cara yang jujur. Tak ada artinya nilai tinggi tapi cara mendapatkannya dengan kecurangan. Faktor kejujuran merupakan faktor paling penting sebagai penentu baik atau tidaknya hasil UN. Apabila tradisi kejujuran telah dapat diterapkan di sekolah-sekolah negeri ini, alhasil tujuan pembangunan bangsa yang berkarakter yang digadang-gadang oleh pemerintah bukanlah sekedar omong kosong belaka.

0 Komentar Tips Sukses Hadapi UN buat Para Pelajar

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top