Kamis, 07 April 2016

Pengertian Teknologi Pendidikan

Teknologi Pendidikan merupakan salah satu teori pendidikan, selain tiga teori pendidikan lainnya yaitu teori pendidikan klasik, personal, dan interaksional. Teknologi Pendidikan merujuk pada sebuah konsep pendidikan yang memiliki kesamaan dengan pendidikan klasik terkait peran pendidikan sebagai proses penyampaian informasi. Yang membedakan adalah, Teknologi Pendidikan lebih mengutamakan penguasaan dan pembentukan kompetensi yang bersifat praktis, bukan upaya untuk pemeliharaan budaya masa lalu.

Teknologi Pendidikan merupakan bagian dari upaya pengembangan guna memudahkan peserta didik berhubungan dengan lingkungannya. Dengan asumsi bahwa lingkungan merupakan sumber pengetahuan di mana peserta didik memiliki motivasi yang kuat untuk belajar darinya.

Teknologi Pendidikan memiliki peran penting dalam mengidentifikasi, mendesain, memanfaatkan, mengembangkan, dan mengevaluasi sumber-sumber belajar yang meliputi unsur berupa manusia, materi/informasi, media, teknik, dan lingkungan yang tepat dan relevan untuk diterapkan dalam kondisi pembelajaran tertentu agar memperoleh hasil yang optimal.

definisi teknologi pendidikan, konsep teknologi pendidikan, contoh teknologi pendidikan, dasar teknologi pendidikan
Menurut Lilik Gani HA, sebagaimana dikutip oleh Wikipedia, Teknologi Pendidikan merupakan suatu bidang ilmu yang memiliki tujuan untuk memecahkan berbagai permasalahan belajar para peserta didik serta memanfaatkan teknologi sebagai fasilitas pembelajaran guna meningkatkan kinerja. Terminologi ‘teknologi’ dalam Teknologi Pendidikan bermakna luas, yakni meliputi alat teknologi fisik (hardware) dan perangkat lunak (software).

Sebagai suatu proses, Teknologi Pendidikan merupakan serangkaian proses kompleks yang terintegrasi yang meliputi unsur manusia, cara, ide, sarana, serta organisasi untuk analisis masalah, mendesain, melaksanakan, menilai, serta memecahkan masalah yang berkaitan dengan belajar.

Teknologi Pendidikan menjadi salah satu landasan untuk mengembangkan model kurikulum. Corak atau model kurikulum yang dikembangkan dari konsep Teknologi Pendidikan dapat diamati dari tujuannya yaitu memberikan penguasaan kompetensi tertentu kepada peserta didik. Proses pembelajarannya dilakukan dengan metode pembelajaran individual, menggunakan media buku atau media elektronik lain, sehingga peserta didik menguasai keterampilan-keterampilan tertentu.

Peserta didik berupaya untuk menguasai materi tentang keterampilan-keterampilan tertentu yang telah ditentukan serta pola-pola kegiatan secara efisien. Guru/dosen berperan sebagai direktur belajar (director of learning). Jadi guru/dosen lebih fokus dalam menjalankan perannya sebagai pengelola kelas yang melakukan pengelolaan daripada sebagai pengajar yang menyampaikan materi.

Dalam konsep Teknologi Pendidikan, konten pendidikan di dalamnya secara langsung ditentukan oleh tim ahli dibidangnya. Isi atau materi pendidikannya berupa objek dan beragam keterampilan yang berkaitan dengan kemampuan vokasional. Materi disusun ke dalam bentuk desain program atau desain pengajaran dan disampaikan menggunakan bantuan media elektronik (misalnya LCD Proyektor), di mana para peserta didik belajar secara individual.

0 Komentar Pengertian Teknologi Pendidikan

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top