Minggu, 17 April 2016

Penasaran sama Film Cahaya Cinta Pesantren? Ini Bocorannya...

Jagat perfilman tanah air tak lama lagi akan diwarnai dengan nuansa islami, melalui film terbaru yang berjudul Cahaya Cinta Pesantren. Menarik, ketika tema pesantren disandingkan dengan tema percintaan. Saya sendiri juga penasaran, bagaimana setting latarnya nanti. Pesantren, sebagai lembaga pendidikan agama islam yang dipersepsikan masyarakat sebagai lembaga pendidikan yang sangat membatasi pergaulan antara laki-laki dan perempuan, kok tiba diangkat menjadi sebuah film dengan menyandingkan istilah ‘cinta’ pada judulnya.

Berdasarkan informasi yang saya baca di beberapa media online, Film Cahaya Cinta Pesantren ini dikabarkan akan rilis pada libur lebaran tahun ini. Film garapan rumah Produksi Fullframe Pictures ini, diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Ira Madan. Danau Toba dan sekitarnya menjadi lokasi awal yang dipilih sebagai lokasi syuting.

Mengingant begitu banyaknya corak atau model pesantren di nusantara ini, penasaran sekali rasanya, seperti apa corak pesantren yang bakal digambarkan di film ini. Namun dari beberapa bocoran yang beredar di media, film Cahaya Cinta Pesantren ini memuat beberapa unsur seperti keluarga dan keyakinan, di samping tentang percintaan.

Film Cahaya Cinta Pesantren ini disutradarai oleh Raymond Handaya dengan Ustad Yusuf Mansur sebagai Produsernya. Hemm baru tau kalau ustad yang satu ini juga ikut memproduseri sebuah film.

Deretan nama artis yang akan bermain membintangi film ini di antaranya Yuki Kato, Zee Zee Shahab, Febby Rastanty, Rizky Febian, dan juga Elma Theana.

neverblast.com
Yuki Kato banyak bercerita tentang film Cahaya Cinta Pesantren ini. Menurutnya, sebagaimana dilansir beberapa media online, film ini merupakan film yang cukup menantang baginya. Sebab dalam perannya dia harus memakai jilbab dan menjadi gadis Batak bernama Shila yang harus berbicara dengan logat orang batak. Yuki menuturkan kalau dia belajar logat Sumatera Utara agar pada saat syuting tidak terkendala soal bahasa. Sebab logat batak itu banyak dan bermacam-macam, sedangkan selama ini dia hanya mendalami bahasa bali dan jawa. Namun yuki malah merasa senang, karena hal itu sekaligus kesempatan untuknya belajar satu di antara sekian banyaknya keanekaragaman nusantara.

Yuki juga mengaku bahwa ia sempat menangis ketika membaca scipt film Cahaya Cinta Pesantren. Di samping itu, Yuki juga merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan kehidupan pesantren yang penuh dengan peraturan. Namun dari situ ia juga mengaku banyak belajar tentang arti dari toleransi dan kerukunan hidup di pesantren.

Dalam bocoran terkait sinopsis film Cahaya Cinta Pesantren, Yuki Kato berperan sebagai gadis batak yang merupakan anak seorang nelayan. Kehidupannya yang serba terbatas, membuat ia tak sampai lulus SMA. Akhirnya ia harus melanjutkan pendidikannya di sebuah pesantren. Namun ia tidak betah dengan peraturan pesantren yang sangat ketat. Sebelumnya, ia telah bertemu dengan Manda yang diperankan oleh Febby. Kemudian keduanya memutuskan untuk kabur dari pesantren. Namun apalah daya, takdir kembali membawa mereka berdua kembali ke dunia pesantren. Kemudian Shila yang mulai remaja, bertemu dan jatuh cinta dengan kakak kelasnya yang bernama Rifky (Fachri Muhammad). Dan ternyata, sahabat shila pun juga menyukai Rifky.

Itulah review singkat seputar Film Cahaya Cinta Pesantren. Saya berharap, film ini mengandung nilai edukatif yang lebih besar dibandingkan dengan aspek hiburannya. Apalagi membawa nama pesantren, yang merupakan basis pendidikan islam warisan para ulama’ penyebar islam di bumi nusantara ini. Jangan sampai nama baik pesantren justru tercoreng karena ada bagian-bagian tertentu dari film tersebut yang bertentangan dengan nilai-nilai dan norma yang merupakan ciri khas pesantren dan agama islam. wallau a’lam...

0 Komentar Penasaran sama Film Cahaya Cinta Pesantren? Ini Bocorannya...

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top