Mengenal 3 Bagian Inti Karya Tulis Ilmiah

Bagi orang-orang akademisi yang memang memiliki minat yang tinggi dalam bidang penelitian, aktifitas penelitian merupakan hal menyenangkan. Sebagai bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, hasil dari suatu penelitian seharusnya tidak hanya cuma bisa dinikmati oleh peneliti saja, namun juga bisa dinikmati dan mampu memberikan manfaat bagi banyak orang.

Dalam dunia akademik, hasil atau laporan dari sebuah penelitian disajikan dalam sebuah dokumen tertulis yang disebut karya ilmiah atau karangan ilmiah. Secara umum, bagian-bagian dari karya ilmiah dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu pendahuluan, inti dan penutup. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal apa saja yang terdapat dalam bagian inti dari suatu karya ilmiah, yaitu sumber data, metode penelitian, teknik, dan sistematika penulisan.

Baca juga:
1. Sumber Data

Sumber data adalah sesuatu yang kita jadikan sebagai data untuk penelitian kita. Beberapa sumber data yang umumnya digunakan sebagai bahan untuk menulis karya ilmiah adalah buku, jurnal, atau hasil penelitian terdahulu yang bisa disebut juga dengan studi kepustakaan, kemudian tempat serta fenomena yang terjadi di sana (hasil observasi), interview, seminar, diskusi, dan sebagainya

2. Metode dan Teknik

Dalam bagiant inti karya ilmiah, ada metode pengumpulan data dan teknik penulisan yang penjelasannya sebagai berikut:
  • Metode pengumpulan data adalah cara yang digunakan peneliti untuk mencari data yang diperlukan untuk suatu penulisan karya ilmiah. Dalam hal ini, metode yang digunakan dapat dibagi menjadi dua, yaitu secara deduktif dan atau induktif. Metode yang digunakan untuk mengumpulakn data harus disesuaikan dengan tema yang ingin diteliti.
  • Sedangkan untuk Teknik penelitian, kita dapat menggunakan teknik wawancara, angket, kuesioner, dan observasi. Pilih yang sesuai dengan tema dan masalah yang diangkat dalam penelitian.
  • Analisis data penelitian. Dalam hal ini ada analisis data kualitatif dan data kuantitatif.
3. Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan adalah penjelasan dari peneliti terkait dengan bagaimana karya ilmuah tersebut akan ditulis secara sistematis mulai dari bab awal hingga akhir. Sistematika penulisan karya ilmiah, baik skripsi, makalah, jurnal, tesis dan sebagainya, mengacu pada standar yang ditetapkan atau dipakai oleh masing-masing organisasi atau kampus.

Selain tiga bagian di atas, dalam bagian inti dari karya ilmiah juga terdapat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, batasan masalah, landasan teori, dan hipotesis.
Wikipendidikan
Back To Top