Sabtu, 09 April 2016

6 Tips Menulis Kata Pengantar Makalah yang Baik

Karya ilmiah adalah makanan sehari-hari anak kuliahan. Tugas perkuliahan seperti makalah, termasuk salah satu karya ilmiah yang paling sering dibuat oleh mahasiswa. Salah satu bagian yang menjadi unsur dari makalah adalah kata pengantar. Ya, kata pengantar adalah bagian dari makalah yang berisi pembukaan

Rendahnya budaya tulis menulis di kalangan mahasiswa kita membuat mereka banyak yang masih kesulitan untuk sekedar menulis kata pengantar. Padahal, menulis kata pengantar sangatlah mudah. Agar dapat menulis kata pengantar yang baik, maka mahasiswa harus tau apa saja yang harus tercantum dalam kata pengantar. Berikut ini kami bagikan 6 Tips Menulis Kata Pengantar Makalah yang Baik.
  1. Ungkapkan puji dan syukur kepada Allah atas kesempatan, kemampuan, dan kelancaran yang dikaruniakan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalahnya. Tanpa karuniaNya, kita tidak bisa apa-apa.
  2. Deskripsikan tujuan dibuatnya makalah. Apakah untuk memenuhi tugas mata kuliah, seminar, atau yang lainnya.
  3. Ceritakan erbagai kendala dan problematika yang anda alami selama proses penulisan makalah sekaligus permintaan untuk memberikan kritik dan saran demi perbaikan selanjutnya.
  4. Ungkapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi terhadap penulisan makalah tersebut. Misalnya dosen, teman sekelas, atau yang lainnya.
  5. Ungkapkan apa yang menjadi harapan anda dari makalah yang anda tulis. Misalnya saja makalah itu dapat memberi sumbangsih bagi pengembangan ilmu pengetahuan, berguna sebagai pijakan untuk penelitian selanjutnya, atau yang lainnya.
  6. Tulis pula profil anda. Bisa dituliskan nama lengkap, riwayat pendidikan, TTL, dan seterusnya. Tulislah secara ringkas dan seperlunya saja, tidak usah panjang lebar dan bertele-tele.
Nah, itulah beberapa hal yang pada umumnya tercantum dalam kata pengantar suatu karya ilmiah. Namun biasanya, setiap dosen atau kampus telah menetapkan standar tertentu untuk penulisan suatu karya ilmiah. Jadi struktur dan sistematika penulisan suatu karya ilmiah berbeda-beda antara institusi yang satu dengan yang lainnya. Meskipun ada beberapa perbedaan, namun prinsipnya tetap sama, yaitu mengacu pada syarat dan ketentuan suatu karya ilmiah. Semoga tulisan singkat tentang 6 Tips Menulis Kata Pengantar Makalah yang Baik ini bermanfaat.

0 Komentar 6 Tips Menulis Kata Pengantar Makalah yang Baik

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top