Kamis, 24 Maret 2016

Teknik Membaca Efektif (Effective Reading)

Aktifitas membaca sangat penting bagi semua orang. Membaca akan membantu kita mengembangkan kemampuan kita dalam hal pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Hal itu tergantung dari tujuan setiap orang. Ada orang yang tujuan membacanya untuk memperluas wawasan dan pengetahuan, ada yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilannya, ada juga yang membaca hanya sekedar sebagai hiburan, seperti membaca cerpen, kumpulan humor, atau bacaan lain yang sifatnya menghibur dan menyenangkan. Namun apa pun tujuannya, aktifitas membaca tetaplah sesuatu yang sangat bermanfaat bagi setiap orang.

Untuk kalangan mahasiswa dan kaum akademisi, harus benar-benar memperhatikan kualitas atau kemampuan mereka dalam membaca, terutama dalam hal kecepatannya. Dengan banyaknya tuntutan tugas dan kewajiban belajarnya, kemampuan membaca cepat sangat dibutuhkan bagi para mahasiswa. Tidak hanya cepat, tapi mereka juga harus fokus dan memahami apa yang dibaca secara mendalam. Belajar membaca dengan baik merupakan kemampuan yang esensial yang harus terus dikembangkan oleh insan akademik secara kontinyu dan sistematis.


Hal pertama yang penting diperhatikan adalah memilih teks atau bahan bacaan. Membaca untuk tujuan akademik seperti membaca karya-karya ilmiah, termasuk kategori membaca yang cukup berat berat. Mahasiswa harus benar-benar fokus pada pemahaman isi materi secara mendalam. Namun membaca untuk sekedar kesenangan cenderung ringan. Yang terakhir memang tidak terlalu membutuhkan konsentrasi dan dapat dilakukan pada kecepatan rata-rata 100-200 kata per menit. Pengetahuan sebelumnya tentang materi yang kita baca merupakan elemen kunci dari pemahaman membaca yang efektif.

Ada berbagai jenis dan teknik untuk membaca. Beberapa teknik membaca adalah teknik Skimming, Scanning atau pratinjau. Metode yang dipilih harus disesuaikan dengan bahan bacaan dan tujuan yang ingin kita capai dari aktifitas membaca yang kita lakukan.

Membaca dengan teknik Skimming adalah cara membaca cepat untuk mengumpulkan poin-poin utama dari sebuah bacaan. Dalam proses ini, pembaca membaca cepat untuk mendapatkan ide umum dari keseluruhan isi bacaan (misalnya buku). Dengan teknik Skimming ini, pembaca akan mengerti seluruh teks tanpa membacanya dari awal sampai akhir. Teknik ini memungkinkan pembaca untuk membaca hingga 1000 kata per menit. Dalam proses ini, ide-ide kunci dari teks yang dikumpulkan dengan membaca awal dan akhir paragraf, kalimat topik, dan bagian lain seperti judul, abstrak, ringkasan bab, keterangan foto, dll

Sedangkan membaca dengan teknik Scanning atau pemindaian, adalah praktek membaca cepat untuk mengetahui bagian tertentu dari bahan bacaan. Ini adalah teknik yang memungkinakan siapa pun untuk dapat mengetahui informasi spesifik, fakta atau ide bacaan tanpa membaca seluruh teks. Scannning dapat membantu pembaca memeriksa hingga 1.500 kata per menit. Tujuan dari pemindaian teks adalah untuk mengevaluasi relevansi materi. Hal ini akan membantu anda menentukan apakah suatu bahan mengandung informasi yang anda inginkan atau tidak, misalnya untuk dikutip sebagai bahan makalah, paper, skripsi, atau karya ilmiah lainnya.

Ada juga teknik membaca ekstensif, yaitu untuk membaca teks yang lebih panjang, sering digunakan untuk kesenangan dengan penekanan pada arti keseluruhan. Berbeda dengan membaca intensif yang digunakan untuk membaca teks singkat untuk mencari informasi rinci.

Salah satu ciri dari proses membaca yang baik yaitu disertai dengan menandai poin-poin penting dalam teks. Menggarisbawahi atau menyoroti kata-kata kunci, dan membuat catatan di margin dll. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan anda dalam membaca. Membuat tanda dalam teks-teks seperti menggarisbawahi kalimat dapat membantu Anda dalam meningkatkan konsentrasi, mengidentifikasi kata kunci dan membuat buku lebih mudah untuk ditelaah ulang.

Catatan-catatan yang kita buat selama proses membaca akan membantu kita meningkatkan pemahaman terhadap isi bacaan. Hal ini dapat membantu Anda mengingat atau mengingat dengan mudah apa yang telah Anda baca. Meringkas apa yang telah kita baca dan kita pelajari adalah cara lain yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan pemahaman terhadap keseluruhan teks.

0 Komentar Teknik Membaca Efektif (Effective Reading)

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top