Kamis, 03 Maret 2016

Metode Penelitian Kualitatif : Pengertian, Karakteristik, dan Contohnya

Di bangku perkuliahan, biasaya kita pasti bertemu dengan mata kuliah metodologi penelitian. Mata kuliah yang satu ini merupakan intrumen yang harus dikuasai mahasiswa sebagai insan akademik yang akrab dengan penulisan karya ilmiah, baik itu makalah, skripsi, tesis, sampai disertasi untuk program doktor. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar penelitian kualitatif mulai dari pengertian, ciri dan karakteristiknya, dan contohnya dalam bidang pendidikan (karena penulis belatarbelakang jurusan pendidikan).

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Penelitian Kualitatif menurut para ahli sebenarnya tidak terlalu memiliki perbedaan yang signifikan, meskipun secara redaksional berbeda, namun memiliki kesamaan makna. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang memfokuskan pada aspek pemahaman secara mendalam atas suatu permasalahan. Penelitian Kualitatif merupakan penelitian yang sifatnya deskriptif dan cenderung menggunakan analisis serta lebih menonjolkan proses dan makna daripada hasil. Tujuan dari penelitian Kualitatif ini ialah pemahaman secara lebih mendalam terhadap suatu permasalahan yang dikaji.


Menurut QRCA (Qualitative Research Consultnts Asspciation), penelitian kualitatif adalah desain penelitian guna mengungkap seputar perilaku dan persepsi manusia mengenai topik atau masalah tertentu. Hasil penelitian kualitatif bersifat deskriptif, bukan prediktif. Metode penelitian kualitatif berangkat dari asumsi-asumsi dalam teori sosial dan teori behavioristik, termasuk sosiologi, antropologi, dan psikologi.
  • Penelitian kualitatif memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri bila dibandingkan dengan penelitian kuantitatif. Beberapa aspek unik dan kelebihannya adalah:
  • Hasilnya lebih kaya akan wawasan.
  • Sinergisitas antar responden, di mana mereka saling membangun komentar dan gagasan masing-masing.
  • Lebih bersifat dinamis, melalui proses wawancara di mana responden terlibat lebih aktif daripada dalam survei yang terstruktur.
  • Memberikan kesempatan pada peneliti untuk mengetahui secara mendalam dan menyeluruh tentang latar belakang apa yang mendasari perilaku dan persepsi responden.
  • Memberikan kesempatan yang lebih luas kepada peneliti untuk mampu mengamati, merekam, dan menginterpretasikan komunikasi non-verbal (bahasa tubuh, intonasi suara) sebagai bagian dari feedback yang sangat berharga selama wawancara dan menganalisa.
Penelitian kualitatif bertujuan guna mendapatkan pemahaman ang mendalam melalui pengalaman responden pertama, pelaporan secara jugur, dan transkrip percakapan yang sebenarnya/valid. Penelitian kualitatif berusaha memahami bagaimana responden memperoleh makna dari lingkungan mereka dan bagaimana makna tersebut mempengaruhi tindakan/tingkah lakunya.

Ciri Khas dan Karakteristik Penelitian Kualitatif

Ciri khas dari penelitian kualitatif dapat kita ketahui dari data yang dikumpulkan. Data padaenelitian kualitatif lebih banyak yang berupa kata-kata ataupun gambar-gambar. Berbeda dengan penelitian kuantitatif yang data-datanye berupa angka-angka statistik. Seorang peneliti dalam penelitian kualitatif, dalam melakukan penelitiannya harus memiliki banyak pengetahuan, menguasai banyak teori dan konsep, serta berwawasan luas. Sedangkan karakteristik dari penelitian kualitatif ialah sebagai berikut:

1# Menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data

Sumber data yang digunakan dalam penelitian kualitatif berupa lingkungan alamiah jadi penelitian dilakukan ketika berinteraksi langsung di tempat kejadian. Peneliti melakukan pengamatan, mencatat, mencari tahu, menggali sumber yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi pada saat itu. Hasil yang diperoleh segera disusun saat itu juga.

2# Memiliki sifat deskriptif analitik

Data yang diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, dokumentasi, analisis, catatan lapangan, disusun peneliti di lokasi penelitian. Peneliti melakukan analisis data dengan memperbanyak informasi, mencari hubungannya, membandingkan, dan menemukan hasil atas dasar data sebenarnya (bukan dalam bentuk angka). Analisis data berupa pemaparan yang berkenaan dengan situasi yang diteliti dan disajikan dalam bentuk uraian narasi. Pemaparan data tersebut adalah menjawab dari pertanyaan dalam rumusan masalah yang ditetapkan.

3# Menekankan pada proses bukan hasil

Data dan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian kualitatif berkaitan dengan pertanyaan untuk mengungkapkan proses dan bukan hasil dari suatu kegiatan. Oleh karena itu, dalam rumusan masalahnya biasanya menggunakan istilah "bagaimana".

4# Bersifat induktif

Penelitian kualitatif diawali dari lapangan yaitu fakta empiris. Peneliti terjun langsung ke lapangan, mempelajari suatu proses penemuan yang terjadi secara alami dengan mencatat, menganalisis dan melaporkan serta menarik kesimpulan dari proses berlangsungnya penelitian tersebut.

5# Mengutamakan makna

Makna yang diungkapkan dalam penelitian kualitatif berkisar seputar persepsi orang mengenai suatu peristiwa atau fenomena yang akan diteliti. Misalnya persepsi siswa terhadap guru atau sebaliknya.

Contoh Penelitian Kualitatif dalam bidang Pendidikan

Penelitian yang dilakukan tentang peran kepala sekolah dalam pembinaan guru.

Peneliti memfokuskan perhatian pada pendapat kepala sekolah tentang guru yang dibinanya, mencari informasi dan pandangan kepala sekolah tentang keberhasilan dan kegagalannya membina guru, apa saja yang dialami dalam membina guru, mengapa gurunya gagal dibina, dan kenapa hal itu terjadi. Selain mencari informasi kepada kepala sekolah, peneliti mencari informasi dari guru sebagai bahan perbandingan supaya dapat diperoleh pandangan mengenai mutu pembinaan yang dilakukan kepala sekolah. Ketepatan informasi dari partisipan diungkap oleh peneliti agar dapat menginterpretasikan hasil penelitian secara tepat dan sahih.

Berdasarkan ciri-ciri tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian kualitatif dimulai dari lapangan yang berdasarkan pada lingkungan alami, bukan pada teori. Ketika pembahasan tentang penelitian kualitatif ini masuk ke dalam ranah pendidikan, tujuan penelitian kualitatif dalam pendidikan ialah untu menggambarkan serangkaian proses kegiatan pendidikan yang berdasarkan pada fenomena yang terjadi di lapangan yang selanjutnya menjadi topik yang menarik untuk dikaji guna menemukan permasalahan-permasalahan berupa kelemahan dan kekurangannya sehingga dengan dilakukannya penelitian nantinya dapat ditemukan upaya perbaikannya.
Baca juga:
Demikianlah pembahasan singkat kita kali ini tentang penelitian kualitatif yang meliputi pengertian, ciri dan karakteristiknya, serta contohnya dalam bidang pendidikan. Tulisan ini merupakan ringkasan mata kuliah metodologi penelitian kualitatif yang penulis dapatkan di bangku perkuliahan di STAIN Ponorogo dan disampaikan oleh ibu dosen Faninda Novik.

Tags: Metodologi Penelitian
Wikipendidikan
Back To Top