Senin, 07 Maret 2016

Manfaat Teknologi WhatsApp dalam Pendidikan

Siapa yang tidak kenal Whatsapp? Aplikasi instan messaging yang telah menggeser fungsi SMS ini telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dengan logo bernuansa hijau ala NU dan tampilan yang elegan nan sederhana, menjadikan aplikasi yang satu ini sebagai aplikasi wajib yang terinstall di smartphone atau ponsel. Jika dimanfaatkan dengan baik, Whatsapp merupakan aplikasi yang bisa menjadi media edukatif yang bermanfaat bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat luas.

Salah satu manfaat Whatsapp dalam dunia pendidikan ialah dengan memanfaatkan fitur grup sebagai media belajar bersama dan berbagi dengan komunitas. Setau saya, saat ini hampir semua pelajar dan mahasiswa telah membuat grup di Whatsapp yang anggotanya teman-teman satu kelas. Di dalam grup inilah fungsi edukasi dari teknologi Whatsapp dapat dinikmati.


Di grup kelas itu, kita bisa berbagi informasi, bertanya tentang tugas-tugas dari guru/dosen, berdiskusi seputar materi pelajaran/kuliah, atau sekedar basa-basi dan bercanda tawa yang dapat menambah keakraban antar teman. Ketika kita telah menjadi anggota grup Whatsapp suatu komunitas tertentu, pesan yang kita kirimkan ke grup tersebut dapat dibaca oleh semua anggota grup, sehingga memungkinkan siapa saja dari anggota grup untuk meresponnya.

Yang sering memunculkan masalah biasanya ketika kita dimasukkan ke grup-grup yang sebenarnya kita tidak ingin menjadi anggota grup tersebut. Meski sudah mencoba keluar beberapa kali, namun kita dimasukkan lagi oleh si admin grup tersebut. Bagaimana solusinya? Cara agar si admin itu tidak bisa memasukkan kita kembali ke grup tersebut ialah dengan memblokir nomor Whatsaap si admin. Jika adminnya lebih dari satu orang, blokir saja semuanya. Dengan begitu, si admin tak akan bisa lagi memasukkan kita ke grupnya.

Dengan Whatsapp, kita tidak hanya bisa mengirim pesan teks, tapi juga gambar, video, musik, dan pesan suara. Kita bisa berbagi gambar-gambar atau brosur tentang info seminar, workshop, event pendidikan, dan masih banyak lagi. Semua itu merupakan bentuk dari pemanfaatan teknologi Whatsapp dalam dunia pendidikan.

Selain melalui fitur grup dalam Whatsapp, kita juga bisa menyebarluaskan info-info penting dalam hitungan detik melalui fasilitas broadcast message, yaitu fasilitas untuk mengirimkan pesan ke banyak orang sekaligus.

Dalam hal konsumsi paket data, Whatsapp merupakan aplikasi yang sangat irit, cocok sekali untuk kantong pelajar dan mahasiswa. Asalkan tidak digunakan untuk mengirim file-file video berukuran besar, konsumsi data Whatsapp untuk sekedar mengirim pesan instan hanya sekitar 1-2 KB.

Nah, akhirnya kita dapat menyimpulkan bahwa penggunaan produk teknologi sangat tergantung dari usernya. Jika digunakan secara bijak, maka akan lebih banyak manfaat positifnya. Pun pula sebaliknya, jika digunakan untuk hal-hal negatif, maka suatu produk teknologi lebih banyak madharatnya.
Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top