Kursus Online 100% GRATIS di IndonesiaX

Pesatnya perkembangan telekomunikasi mendorong beberapa pihak untuk menciptkan suatu platform online learning dalam dunia pendidikan. Adalah IndonesiaX, salah satu organisasi non-profit yang mengusung motto ‘Enriching Lives Through Education’ yang resmi dilaunching pada 17 Agustus 2015 lalu, menawarkan kursus online secara gratis. Mungkin belum banyak yang tau tentang IndonesiaX karena masih tergolong baru. Dengan platform yang disebut MOOC (Massive Open Online Course), di IndonesiaX kita dapat mengikuti kursus online dengan tutor yang berlatar belakang dosen ternama dari berbagai universitas terkemuka di Indonesia dan luar negeri. Bahetelah menyelesaikan kursus, kita juga bisa mendapatkan sertifikat yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan karir kita.

Landing page www.indonesiax.co.id
Di IndonesiaX tersedia beberapa topik yang bisa kita pilih sebagai bahan kursus yang tidak hanya bersifat akademis, namun juga lifeskill. Pada 9 februari 2016 lalu, pihak IndonesiaX menggandenga edX sebagai mitra barunya. Kerjasama ini memungkinkan IndonesiaX untuk menyelenggarakan kursus online dalam skala besar dengan materi pelajaran yang dikembangkan oleh kampus-kampus terkemuka kelas dunia.

Untuk mencoba kursus online gratis di IndonesiaX ini anda bisa langsung menungjungi situsnya di www. Indonesiax.co.id dan melakukan registrasi di sana. yang sampai saat ini telah tercatat diakses oleh 111 negara di seluruh dunia serta telah memiliki siswa berjumlah 40.000 yang tersebar di 81 kota di Indonesia, mantab bukan? Kehadiran IndonesiaX di tengah masyarakat merupakan sebuah bentuk layanan pendidikan di era digital seperti saat ini. Melalui platform Massive Open Online Course yang ada di IndonesiaX, dapat meningkatkan masyarakat dalam mengakses pendidikan sebagai bagian dari hak seorang warga negara.

Beberapa kampus terkemuka yang menjadi mitra IndonesiaX di antaranya ialah ITB, UI, ITS, UNAIR, dan universitas terbuka. Dengan hadirnya edukasi online yang ditawarkan oleh IndonesiaX, kita tidak perlu jauh-jauh mendaftar dan datang langsung untuk mengikuti perkuliahan di kampus-kampus tersebut. IndonesiaX ibarat jembatan yang menghubungkan sanad keilmuan kita dengan sumber keilmuan dari berbagai universitas terbaik di Indonesia.

Online learning atau pembelajaran online memungkinkan kita untuk mendapatkan bentuk sajian materi dari media yang beragam. Tidak hanya berbentuk teks bacaan, namun juga audio, visual, dan audio-visual. Di samping itu, kita bisa lebih fleksibel dalam belajar. Cukup dengan modal laptop atau smartphone, kita bisa belajar sefleksibel mungkin dan mengulang-ulang materi sebanyak yang kita mau jika memang kita belum memahaminya.

Akses internet berkecepatan tinggi dan menyeluruh merupakan kebutuhan vital dari semua sistem pembelajaran online. Dalam hal ini, IndonesiaX tentu sudah mempertimbangkan bagaimana kondisi jaringan internet di Indonesia. Pendidikan dengan sistem pembelajaran online menekankan pada makna bahwa pendidikan itu tidak terbatas pada aktivitas belajar-mengajar di kelas.

Pilihan topik dan tutor kursus di IndonesiaX
Kehadiran IndonesiaX diharapkan sedikit banyak berkontribusi dalam meminimalisir keterbatasan akses pendidikan, terutama karena faktor ekonomi dan sarana prasarana, khususnya di wilayah-wilayah di nusantara yang kondisi geografisnya menghambat masyarakat untuk membangun atau mengakses lembaga pendidikan. Sebagaimana yang dikatakan oleh Lucyanna Pandjaitan yang merupakan CEO dan Presdir IndonesiaX, bahwa kursus online yang ditawarkan oleh IndonesiaX merupakan sebuah upaya menerapkan pendidikan demokratis di mana orang memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses pendidikan selama masih bisa terhubung dengan jaringan internet tanpa harus registrasi secara langsung di kampus dan sekolah formal.

Edukasi online di IndonesiaX ini, kita tidak hanya diberi bahan materi untuk didownload dan dipelajari secara mandiri. Namun di IndonesiaX, materi-materi itu juga disampaikan oleh para ahli secara langsung melalui video. Para pemateri di IndonesiaX di antaranya mantan menteri pendidikan kita, bapak Muhammad Nuh, Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, rektor ITB periode 2014-2019 yaitu Prof. Kadarsah, Wishnutama Kusubianto salah satu pendiri dan CEO NET TV, dan masih banyak lagi. So, tidak ada salahnya kita menimba ilmu melalui pembelajaran online di IndonesiaX, bukan? Selamat mencoba...
Wikipendidikan
Back To Top