Kiddle.co, Search Engine yang Ramah Anak

Sekarang telah hadir search engine khusus anak-anak dengan alamat www.kiddle.co - Safe Search Engine For Kid. Kiddle bisa menjadi salah satu alternatif mesin pencari yang harus dikenalkan kepada anak yang telah terbiasa browsing di internet. Pihak Kiddle telah melakukaan filterisasi konten agar hasil dari setiap kata kunci yang ditampilkan benar-benar aman untuk anak dan keluarga tanpa harus merasa khawatir dengan gangguan sp4m atau k0nt3n dew4sa.

Secara terperinci, Kiddle mengklasifikasi situs berdasarkan urutan hasil pencarian ke dalam tiga kategori, yaitu:
  1. Hasil pencarian dari 1-4 tergolong situs aman dan berisi konten yang memang sengaja ditulis khusus untuk anak-anak.
  2. Situs terpercaya yang tidak ditulis secara khusus untuk anak-anak, tetapi memiliki konten yang ditulis dengan cara yang sederhana, sehingga mudah bagi anak-anak untuk memahaminya. Biasanya, berada pada urutan 5-7 hasil pencarian.
  3. Situs terkenal yang ditulis untuk orang dewasa, menyediakan konten berkualitas, tapi lebih sulit untuk dipahami anak-anak. Difilter langsung oleh Google Safe Search. Biasanya, berada pada urutan 8 dan seterusnya dalam hasil pencarian.

Nah, keren bukan? So, sebagai orangtua yang peduli dengan pendidikan teknologi yang aman anak-anaknya, bisa menjadikan Kiddle sebagai default SE pada homepage browser masing-masing.

Kiddle merupakan salah satu platform yang berupaya meminimalisir dampak negatif internet terhadap anak-anak. Kiddle akan secara otomatis memblokir kata-kata yang dianggap tidak layak dikonsumsi anak-anak dari hasil pencariannya. Meski didukung oleh Google Safe Search, Kiddle bukanlah bagian dari mbah Google.

Meskipun Kiddle mengklaim sebagai Mesin Pencari yang aman bagi anak-anak, namun tetap saja yang namanya produk teknologi pasti mempunyai bug. Meskipun kekhawatiran orangtua bisa berkurang dengan kehadiran Kiddle, namun mendampingi anak saat menggunakan Kiddle masih perlu dilakukan. Tak ada yang bisa memfilter mana yang baik dan tidak baik secara sempurna selain manusia.

Di luar itu, disarankan kepada orang tua agar anak-anak tidak diberi gadget pribadi sebelum menginjak lulus SMP. Orang tua juga harus selalu mengawasi, mendampingi, dan membimbing anak-anak saat berselancar di dunia maya.
Wikipendidikan
Back To Top