Kamis, 03 Maret 2016

Kiat Praktis Menulis Artikel untuk Media Online

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menggeser pola pikir dan pola hidup banyak orang. Kehidupan semakin mudah, efektif, dan efisien dengan bantuan alat-alat elektronik yang kian hari kian terus dikembangkan dan diperbarui dengan berbagai warna, ukuran, dan bentuknya. Kita tinggal mengkonsumsi saja, karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan barang-barang tersebut berkah dari impor. Proses penyebaran informasi yang dulu masih menggunakan media-media konvensional, sekarang telah beralih ke cara yang lebih modern, khususnya melalui media online dengan jaringan internet.

Dalam dunia pendidikan kita saat ini, kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berbasis teknologi informasi. Pelajaran TIK yang pada kurikulum sebelumnya menjadi bagian dari materi yang diajarkan, sekarang menjadi sarana atau media yang digunakan langsung dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, peserta didik biasanya diminta untuk menambah wawasan tentang materi yang diajarkan dengan mencari sumber-sumber lain yang salah satunya di antaranya berasal dari internet.

Setiap saat, internet selalu hadir untuk mengguyur pikiran kita dengan derasnya banjir informasi dari seluruh dunia, baik berupa teks, gambar, video, maupun audio. Bagi yang memiliki minat dan kemauan untuk belajar menulis, memanfaatkan internet sebagai media publikasi bagi karya-karya tulisnya merupakan sebuah langkah baru yang perlu terus dikembangkan dengan membuat blog atau website pribadi. Sekarang sudah banyak siswa dan mahasiswa kita yang aktif menulis ide dan gagasannya di blog pribadinya.


Anda tidak perlu menjadi seorang penulis artikel profesional untuk bisa menulis artikel di media online. Bahkan, mungkin banyak orang yang lebih suka membaca konten yang ditulis oleh orang dengan kemampuan menulis yang rata-rata dengan bahasa yang sederhana dibandingkan dengan tulisan seorang intelektual yang bahasanya melangit. Namun, anda harus memiliki beberapa pengetahuan dasar tentang ejaan dan tata bahasa, serta tahu ejaan kata-kata yang digunakan secara umum.

Tentu orang akan malas membaca tulisan yang tata bahasanya acak-acakan. Karena kebanyakan pembaca adalah orang awam, tentu mereka akan lebih menikmati tulisan yang disajikan dengan bahasa yang jelas dan menjangkau semua lapisan masyarakat. Bukan tulisan yang dipenuhi dengan istilah-istilah intelektual yang sulit dicerna atau tulisan yang alur dan bahasanya berantakan.

Jadi, jika anda ingin menulis artikel di media online, jangan berkecil hati jika anda tidak memiliki latar belakang profesional secara tertulis atau tidak memiliki penguasaan tata bahasa yang baik. Kemampuan menulis anda akan terus meningkat jika anda terus mencoba menulis.
  1. Pertama, Anda harus memutuskan apa yang Anda ingin tulis. Anda dapat memilih untuk menulis tentang apa saja. Namun, anda harus memulainya dengan menulis artikel tentang topik yang anda kuasai. Hal ini membuat anda lebih mudah dalam proses menulis daripada anda memaksa menulis topik yang sama sekali tidak anda kuasai.
  2. Setelah anda memilih topik yang ingin anda tulis, anda perlu memutuskan apa yang akan anda kembangkan dari topik tersebut sekaligus menentukan judul yang tepat dan spesifik dari topik tersebut. Misalnya anda memilih untuk menulis topik tentang Internet, karena Internet telah menjadi bagian dari hidup anda sehingga anda tahu banyak hal tentangnya. Hal khusus apa yang ingin anda tulis tentang Internet? Misalnya, anda bisa memilih untuk menulis tentang dampak negatif dan positif dari penggunaan internet. Maka, anda bisa memberi judul yang lebih spesifik pada tulisan anda, misalnya "Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Remaja di Ponorogo".
  3. Terkadang, menulis artikel akan memerlukan beberapa penelitian dan mengumpulkan data-data pendukung, bahkan jika anda sudah akrab dengan topik tulisan yang anda pilih. Untuk meneliti apa yang akan anda tulis, gunakan saja mesin pencari untuk mencari informasi yang berhubungan tentang apa yang ingin anda tulis. Hal ini akan memberi anda ide dan informasi tambahan yang mungkin belum anda memiliki sebelumnya.
  4. Gunakan pengetahuan dan informasi yang anda peroleh dari hasil riset atau pemahaman anda sendiri yang akan membentuk paragraf demi paragraf untuk artikel anda. Mulailah dengan menulis Lead atau paragraf pembuka yang memperkenalkan kepada pembaca tentang apa yang akan anda tulis. Selanjutnya, tulislah isi artikel anda, minimal tulis tiga paragraf yang terkait dengan poin-poin penting tulisan anda. Pastikan bahwa setiap paragraf menyampaikan ide pokok dari tulisan anda secara jelas. Terakhir, tulislah sebuah paragraf kesimpulan yang pada dasarnya meringkas semua yang anda tulis dalam artikel anda. Menulis kesimpulan bertujuan untuk mengulangi poin-poin penting yang ada dalam isi artikel anda atau mengingatkan pembaca tentang apa yang baru saja mereka baca.
  5. Ketika anda telah menyelesaikan artikel anda, hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah membaca artikel anda dari awal sampai akhir beberapa kali untuk memastikan bahwa anda tidak melewatkan suatu hal yang penting, pastikan artikel anda masuk akal dan memiliki alur yang baik, dan jangan lupa pula untuk mengoreksi ejaan dan tata bahasa anda.
Mempublikasikan Artikel Di Media Online Blog

Ada banyak platform online yang dapat anda gunakan untuk mempublikasikan artikel and, baik yang berupa platform blogging seperti blogger.com, wordpress.com, atau situs-situs berita online. Ketika anda menulis artikel di media online, anda harus belajar tentang Search Engine Optimization (SEO). SEO adalah faktor penting yang akan membuat artikel anda dilihat dan dibaca banyak orang. Anda harus mengimplementasikan teknik SEO ke dalam artikel anda jika anda ingin mendapatkan trafik yang berkualitas untuk konten yang telah anda tulis.

Blog merupakan salah satu sarana yang paling banyak digunakan orang untuk mempublikasikan karya tulis mereka di internet. Blog ibarat buku catatan pribadi yang kita miliki di internet. Kita bisa membuatnya secara gratis melalui sebuah platform blogging yang menyediakan layanan pembuatan blog gratis. Salah satu situs platform blogging yang cukup populer untuk membuat blog secara gratis adalah blogger.com. Dengan satu akun Gmail, anda bisa membuat blog sebanyak yang anda inginkan. Masing-masing blog bisa anda beri tema atau kategori tertentu menurut selera anda, sesuai dengan pengetahuan yang anda kuasai.


Secara umum ada dua jenis blog, yaitu blog yang berisi satu tema tulisan saja, dan blog yang berisi berbagai macam tulisan dengan tema yang beragam. Blog yang berisi satu tema tulisan saja lazim disebut dengan "niche" blog. Semisal pendidikan, bisnis, gadget, dan lain sebagainya. Yang jelas, tulisan-tulisannya bersifat linier dan tidak menyimpang dari tema awal blog. Sedangkan blog yang berisi beragam tulisan biasanya disebut dengan blog "gado-gado", jadi tema tulisannya campur aduk seperti gado-gado. Misalnya hari ini bahas bisnis, besoknya bahas kesehatan, besoknya lagi jualan barang bekas, dan seterusnya.

1. Mulailah untuk menuliskan hal-hal yang sangat sederhana

Bisa berupa pengalaman-pengalaman anda seperti kunjungan wisata, kuliner, atau kisah percintaan anda yang mungkin masih menyisakan puing-puing kenangan dalam ingatan anda. Pokoknya tulis saja, tidak perlu memperhatikan aturan-aturan dalam penulisan seperti penempatan tanda baca dan sebagainya. Kalau anda terlalu terfokus pada aturan EYD sedangkan anda belum memahaminya dengan baik, ide yang ada di kepala anda bisa-bisa malah hilang begitu saja.

2. Beranilah menggunakan pemahaman anda sendiri dalam menilai sesuatu

Jangan takut kritik dan jangan takut salah. Ketakutan-ketakutan seperti itu hanya akan membuat anda tidak pernah berani untuk memulai menulis, dan saya yakin anda tidak akan menghasilkan satu pun karya tulis. Perlu disadari bahwa tidak ada manusia yang terlepas dari kesalahan, entah disengaja atau tidak. Lagi pula kita menulis bukan untuk sengaja membuat kesalahan. Kalaupun nantinya ada yang menyalahkan tulisan kita dan ternyata hal itu benar, maka dengan besar hati kita tinggal perbaiki kesalahan tersebut. Kita tau kalau kita salah karena kita telah praktek. Kalau tidak mau menemui kesalahan, silahkan anda diam saja di kamar sambil tiduran tanpa melakukan apa-apa.

3. Satu blog dengan banyak tema lebih cocok menurut saya

 Tapi hal ini kembali kepada keputusan anda masing-masing. Karena setiap orang memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda, maka membuat blog dengan satu tema sesuai dengan minat dan bakat anda mungkin lebih baik.

4. Sabar dan konsisten

 Sabar adalah salah satu kunci yang mampu mengantarkan anda menjadi penulis hebat. Dengan modal kesabaran, anda tidak akan mudah putus asa dan menyerah ketika setelah membaca tulisan anda sendiri anda ternyata sangat jelek dan tidak karuan. Anda akan terus memperbaikinya sampai anda merasa bahwa tulisan anda sudah cukup layak untuk dibaca, paling tidak untuk anda baca sendiri. Kalau kesabaran sudah tertanam dalam lubuk hati, maka anda akan mampu untuk konsisten menulis.

5. Banyak membaca

Kita hanya akan mampu menulis dengan baik kalau kita banyak membaca. Jadi banyak-banyalah membaca. Tidak hanya membaca teks, tapi juga membaca konteks, yakni berbagai fenomena kehidupan di sekitar kita.

Nah, itulah beberapa Kiat Praktis Menulis Artikel untuk Media Online khususnya media blog sebagai langkah awal sebelum anda lebih jauh mengirimkan artikel anda di website-website populer misalnya kompas.com, detik.com, dan lain sebagainya. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.
Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top