Jumat, 25 Maret 2016

8 Tips Belajar Efektif untuk Menghadapi Ujian

Belajar merupakan kebutuhan yang paling pokok sebelum menghadapi ujian sekolah. Entah yang sifatnya ujian semester atau ujian tingkat nasional. Mengingat bahwa di Indonesia, ujian nasional masih menjadi rutinitas wajib tiap tahun sebagai tolok ukur kelulusan siswa di lembaga sekolah. Entah seperti apapun bentuknya, siswa tetap dituntut untuk belajar sebelum menghadapinya. Oleh karena itu, dalam tulisan ini, wikipendidikan akan memberikan 8 tips tentang bagaimana belajar yang efektif guna menghadapi ujian.



1. Temukan tempat yang nyaman

Menentukan tempat yang tepat dan nyaman sangat berdampak positif pada proses belajar yang kamu jalani. Belajar di tempat dan lingkungan yang bebas dari berbagai macam gangguan dapat meningkatkan produktifitas dalam belajar. Kamu akan lebih mudah mengingat, menghafal, dan memahami apa yang kamu pelajari. Sebelum kamu memulai belajar, cek dulu apakah lingkungan atau tempat belajarmu telah benar-benar nyaman sesuai dengan keinginanmu atau belum.

Pastikan ruang belajarmu memiliki pencahayaan yang cukup dengan fasilitas kursi dan meja yang nyaman. Hal itu akan membantumu dapat belajar dalam waktu yang cukup lama. Sebaiknya hindari belajar sambil duduk di tempat tidur, serta membaca dalam cahaya redup, karena kamu akan cenderung ngantuk. Juga jangan belajar di depan televisi. Jauhkan pula ponsel kamu saat kamu sedang belajar.

2. Buat jadwal belajar dan kumpulkan materi yang hendak dipelajari

Buatlah jadwal belajar rutin kamu dan tentukan tujuan yang hendak kamu capai dari setiap aktifitas belajar yang kamu jalani. Sesuaikan lama waktu belajarmu dengan tingkat kesanggupan dan kenyamananmu. Setiap orang memiliki pilihan waktu belajar yang berbeda-beda. Ada yang merasa lebih nyaman kalau belajar di malam hari, ada pula yang sebaliknya.

3. Minimalisir aktifitas-aktifitas yang tidak relevan dengan belajar atau ujian

Waktu belajar lebih menantang karena berusaha banyak konsentrasi dan perhatian untuk memenuhi direncanakan dijadwalkan. Hal ini umum bahwa Anda akan terganggu dengan beberapa undangan, stres dan kunjungan waktunya. Dalam kasus seperti itu adalah paling penting bagi Anda untuk menjaga diri di trek dengan mengatakan tidak ada kecuali membutuhkan perhatian Anda.

Kumpulkan semua bahan studi kamu sebelum kamu memulai jadwal belajar untuk hari itu. Jika memang diperlukan, siapkan buku catatan, pensil, pena, air minum, dan makanan ringan.

4. Konsisten terhadap jadwal belajar yang telah dibuat

Berusaha untuk fokus dan konsisten terhadap jadwal belajar yang telah kamu buat lebih sulit datipada saat membuat jadwal belajar itu sendiri. Awalnya mungkin memang sulit, tapi jika kamu bersungguh-sungguh untuk berkonsentrasi untuk belajar, maka lama kelamaan akan mudah. Usahakan untuk tidak berpindah-pindah topik atau materi yang kamu pelajari dalam satu waktu.

5. Membuat catatan, grafik dan kartu pengingat

Mengingat kembali dan mengkaji ulang apa yang telah kamu pelajari membuktikan bahwa efisiensi belajar kamu. Membuat catatan, kartu pengingat, gambar tabel dan grafik pasti akan membantu Anda untuk mengingat topik yang kamu pelajari dengan mudah. Membuat keterampilan belajarmu lebih adaptif dalam memahami materi yang kamu pelajari.

6. Belajar kelompok

Mengajak seseorang atau beberapa orang teman kamu untuk belajar dengan kamu selama persiapan ujian akhir dapat membantu memotivasi dan juga meningkatkan produktivitasmu.

7. Jaga kesehatan

Jangan lupa untuk menjaga kesehatanmu sebelum menghadapi ujian. Hal itu sangat penting karena jika kamu sakit maka kamu tidak akan bisa ikut ujian. Jaga pola makan, pola tidur, dan pola-pola hidup yang lain.

8. Optimis

Tetaplah tenang dan berpikir positif dengan meyakinkan diri bahwa kamu pasti bisa melewati ujian dengan sebaik-baiknya melalui usaha-usaha yang telah kamu lakukan sebelumnya. Jangan lupa pula untuk berdoa.


0 Komentar 8 Tips Belajar Efektif untuk Menghadapi Ujian

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top