7 Tips Cerdas Menghemat Kuota Internet Buat Mahasiswa

7 Tips Cerdas Menghemat Kuota Internet buat Mahasiswa - Saat ini, internet seakan telah menjadi kebutuhan primer sebagian besar masyarakat (termasuk mahasiswa) yang melek akan teknologi. Hal ini berawal dari semakin mudahnya akses internet dengan perangkat bergerak mulai dari Ponsel biasa sampai Smartphone. Kemudahan ini hanya akan terealisasi ketika kita memiliki kuota untuk akses internet. Tanpa adanya kuota, fungsi Ponsel sebagai alat untuk mengakses internet tidak akan berguna.

Buat kaum mahasiswa, kuota internet seakan menjadi kebutuhan vital yang tak dapat dipisahkan dari rutintas sehari-hari. Mulai dari kebutuhan untuk mencari referensi tugas-tugas kuliah, berkomunikasi dan berbagi informasi dengan teman, gebetan, maupun keluarga. Terlebih lagi bagi mahasiswa yang tinggal di kos, menggunakan kuota internet sehemat mungkin sangat diperlukan agar biaya hidup selama di kos dan biaya kuliah tidak membengkak sehingga harus merana di akhir bulan.

Mahasiswa sekarang gadgetnya canggih-canggih dengan fitur yang super lengkap. Semakin canggih gadget yang kamu miliki, semakin besar pula jumlah kuota yang kamu butuhkan. Sebab gadget yang canggih dan kaya fitur, pasti membutuhkan kuota yang cukup besar untuk akses internet. Misalnya saja untuk kebutuhan penggunaan aplikasi seperti WhatsApp, Line, Facebook Messenger, BBM, dan berbagai jenis browser untuk berselancar di dunia maya. Tanpa kuota internet, kamu tidak akan bisa menikmati semua fasilitas yang ditawarkan aplikasi-aplikasi tersebut.

Meskipun para operator seluler saat ini telah menyediakan paket data unlimited sebagai solusi untuk mengatasi masalah kehabisan kuota, namun tetap saja unlimitednya tidak 100% unlimited. Setelah mencapai batas wajar pemakaian, biasanya koneksi akan menurun drastis. Baca juga Manfaat Teknologi WhatsApp dalam Pendidikan

Oleh karena itu, kamu harus bijak dalam memakai kuota internet yang kamu miliki untuk hal-hal yang bermanfaat dan positif. Jangan menggunakannya secara membabi buta untuk hal-hal yang sekiranya kurang bermanfaat dan tidak perlu. Gunakan kuota internet sehemat mungkin agar budget yang kamu keluarkan sebanding dengan jatah uang bulanan atau mungkin gaji yang kamu terima jika kamu sudah nyambi kerja sambil kuliah.

Berikut ini, wikipendidikan akan membagikan 7 Tips Cerdas Menghemat Kuota Internet khusus buat para Mahasiswa.

1. Manfaatkan Wifi Gratisan dari Kampus

GRATIS dan GRATISAN, adalah dua kata yang paling dicari dan digemari orang Indonesia, termasuk para mahasiswa. Siapa sih yang nggak doyan gratisan? ‘Hidup kok Cuma modal gratisan’, begitu kata salah satu teman saya,,hehe Wifi kampus memang aset emas yang sangat berharga bagi mahasiswa. Saat ini, saya yakin semua kampus telah menyediakan layanan akses wifi gratis kepada mahasiswanya. So, hal itu bisa kamu manfaatkan semaksimal mungkin, salah satunya sebagai alternatif untuk menghemat kuota internetmu. Dengan memakai wifi kampus, kamu tidak perlu khawatir lagi kehabisan kuota. Hanya saja, untuk mendapatkannya kamu harus rela berlama-lama menghabiskan waktu di kampus.

2. Pandai-pandai cari thetringan Wifi dari teman

Jadi mahasiswa itu harus kreatif, termasuk kreatif mencari gratisan,,hahaha Dalam rangka menghemat kuota internetmu, tidak ada salahnya kamu minta subsidi sama teman kamu agar dia menjadikan ponsel/laptopnya sebagai pemancar wifi buat kamu. Cuma perlu modal wajah sedikit memelas dan sedikit rayuan gombal,hemm

3. Hindari Streaming video secara berlebihan

Melakukan streaming video seperti di YouTube, iTunes, Vimeo, dan Hulu, merupakan tindakan yang menguras kuota internet kamu dengan cepat. Dibutuhkan puluhan Megabyte per menit untuk memutar satu video secara online. Lakukan streaminng jika memang kamu benar-benar membutuhkannya, seperti keperluan untuk memenuhi tugas kuliah. Streaming video dapat menguras kuota karena sifatnya audio-visual. Seperti poin pertama tadi, kalau mau streaming, manfaatkan wifi gratisan dari kampus,,hehe

4. Hindari upload/d0wnload vide0 Y0uTube

Mengupload vide0 ke Y0uTube bisa memakan banyak sekali kuota. Apalagi jika video yang kamu upload itu beresolusi HD. Di sini, Wifi gratis kampus masih menjadi solusi yang paling tepat buat kamu. :D

5. Hindari Video Call

Jangan terlalu sering menggunakan video call. Fasilitas ini rata-rata memerlukan 3 MB per menit. Jadi kalau memang tidak sangat membutuhkan lebih baik cukup chat via Whatsapp, BBM, atau Line juga bisa. Toh kalau pun kamu lagi kangen berat sama pacar kamu, kerinduanmu hanya akan terobati dengan bertemu dengannya secara langsung.

6. Jangan jadi penggila Game Online

Game yang bergenre real-time action seperti Asphalt 8, Modern Combat 5, dan COC. Diperkirakan menyerap kuota 1 MB per menit. Semakin panjang durasi permainan yang anda mainkan, tentu semakin besar pula konsumsi data yang dibutuhkan. Oleh karenanya, usahakan untuk tidak sampai pada level kecanduan terhadap game online. Daripada waktumu kamu habiskan untuk main game online seperti COC yang sekarang lagi ngetrend, lebih baik kamu gunakan waktumu untuk diskusi, membaca, belajar, atau mengerjakan tugas-tugas kuliahmu. Baca juga Tips Sukses Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu dengan Hasil yang Baik

7. Hindari Streaming Radio atau Musik

Layanan seperti Guvera atau Rdio memang bisa kamu manfaatkan untuk mendengarkan musik di mana pun kamu berada asalkan ada koneksi internet. Keuntungan lainnya, kamu juga tidak membutuhkan space untuk menyimpan file musik tersebut dalam kartu memori. Tapi di sisi lain, konsumsi data akan membengkak. Bila Kamu mendengarkan musik dengan resolusi 320 Kbps, jumlah kuota internet yang dibutuhkan adalah kurang lebih 2,4 MB per menit. Tinggal mengalikan saja dengan durasi kamu mendengarkan musik tersebut.

Nah, itulah 7 Tips Cerdas Menghemat Kuota Internet Buat Mahasiswa yang bisa kamu praktekkan. Gunakanlah sesuatu secara proporsional dan manfaatkan sebaik-baiknya layanan yang diberikan oleh pihak kampus bagi mahasiswanya. Intinya, bijaksanalah dalam hidup. Jangan melakukan sesuatu yang sifatnya berlebihan. Indikator berlebihannya adalah meski sebenarnya kita tidak terlalu membutuhkan, namun kita ingin melakukannya. Semoga tipsnya bermanfaat. (Diolah dari: Kompas Tekno)

0 Komentar 7 Tips Cerdas Menghemat Kuota Internet Buat Mahasiswa

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top