Belajar Menulis - 6 Tips Sederhana Meningkatkan Keterampilan Menulis

Sahabat, untuk memiliki kemampuan menulis dengan baik memang bukanlah hal yang instan, sebab menulis adalah keterampilan yang membutuhkan latihan terus menerus. Tanpa terus dilatih, diasah, dan dibiasakan, kemampuan menulis dengan baik sepertinya hanya sebatas angan-angan saja. Sama seperti kita belajar naik sepedah sewaktu masih kecil, pada awalnya kita merasa kaku dan mungkin sering terjatuh. Namun lama kelamaan, dengan usaha keras dan kemauan yang kuat untuk bisa, maka akhinya kita pun bisa naik sepedah dengan lancar, bahkan bisa sambil lepas setir segala.

Bagi pelajar dan mahasiswa, keterampilan menulis merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai setelah keterampilan membaca. Pelajaran mengarang di sekolah dasar misalnya, merupakan salah satu upaya dasar melatih keterampilan menulis kita, melatih kemampuan kita dalam menuangkan ide, gagasan, dan imajinasi kita ke dalam rangkaian kata-kata tertulis. Apa yang kita tulis, nantinya juga dapat menjadi dokumen dan pengingat ketika kita lupa akan hal-hal yang pernah kita pelajari.



Pada artikel ini, saya akan share 6 tips cara meningkatkan keterampilan kita dalam menulis. Apa saja itu, yuk simak tipsnya...

1. Memilih tema yang paling dikuasai

Pilihlah judul atau tema tulisan yang menurut anda paling mudah. Jangan memaksakan diri untuk memilih tema yang anda sendiri tidak menguasainya. Selain membebani diri anda sendiri, berusaha menulis tema yang belum anda kuasai bisa menimbulkan "kecelakaan intelektual" bagi pembaca. Menulis sesuatu yang tidak benar-benar kita kuasai malah akan membuat tulisan kita kurang bermakan, dangkal, dan sulit dipahami pembaca.

2. Berusaha istiqomah

Istiqomah artinya adalah konsisten, terus menerus. Dalam konteks menulis, kita harus melatih diri untuk konsisten menulis. Salah satu caranya dengan menetapkan satu tujuan tertentu yang mana tujuan tersebut akan menginspirasi dan memotivasi anda untuk terus menulis. Atau bisa juga dengan membuat jadwal rutin untuk berlatih menulis sesuai dengan kapasitas kemampuan anda saat ini, misalnya 3 kali dalam seminggu, atau kalau memang anda merasa mampu, anda bisa mengharuskan diri anda istiqomah berlatih menulis setiap hari.

3. Belajar dari para penulis senior

Anda bisa mengamati dan memperhatikan tulisan-tulisan para senior melalui buku-buku yang mereka tulis atau dari berbagai artikel yang ada di internet. Perhatikan bagaimana cara mereka msnyusun kata demi kata, kalimat demi kalimat. Namun hal itu tidak semata-mata untuk dijadikan sebagai model dari tulisan kita, akan tetapi hanya sebagai bahan belajar dan perbandingan saja. Anda harus menciptakan dan mempertahankan gaya penulisan yang yang merupakan ciri khas anda sendiri.

4. Banyak membaca

Perlu anda ketahui bahwa anda hanya akan mampu menulis dengan baik apabila anda banyak membaca. Membaca adalah kunci pembuka pintu-pintu pengetahuan, di mana dengan semakin banyak pintu pengetahuan yang kita masuki, maka ide-ide yang anda perlukan untuk menulis akan semakin bertambah. Bagaikan dua sisi mata uang, menulis dan membaca merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

5. Meminta kritik dan saran dari orang lain

Setelah anda menulis, mintalah saran dan kritik dari teman, guru, atau dosen untuk mengoreksi apa saja yang mungkin perlu diperbaiki, kemudian mintalah saran atau masukan dari mereka yang sudah mampu menulis dengan baik tentang tips-tips menghasilkan tulisan yang baik.

6. Fokus dengan tema tulisan

Ketika anda telah menentukan tema yang akan anda tulis, sebaiknya anda menjaga agar pikiran anda tetap fokus pada tema tersebut, usahakan agar tulisan melebar kemana-mana dan bertele-tele. Untuk bisa fokus, anda bisa menyusun ide pokok dari masing-masing paragraf. Ketika anda sedang menulis di paragraf pertama dengan ide pokok yang ingin anda sampaikan dalam paragraf tersebut, tahan diri anda untuk terburu-buru memasuki area yang seharusnya anda tuliskan di paragraf yang kedua, begitu seterusnya.

Apabila 6 hal di atas anda prektekkan, insyaAllah keterampilan menulis anda akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Kita bisa karena terbiasa. Apabila 6 hal di atas telah menjadi kebiasaan anda, maka untuk bisa menghasilkan tulisan berkualitas saya rasa bukan hal yang sulit. Namun yang perlu diingat, semuanya butuh perjuangan. Jadi, selamat berjuang dan semoga tulisan ini bermanfaat.
Wikipendidikan
Back To Top