Kamis, 10 Maret 2016

5 Kebiasaan Buruk Penghambat Kesuksesan Mahasiswa

5 Kebiasaan Buruk Penghambat Kesuksesan Mahasiswa - Masa-masa ketika kita menyandang status sebagai mahasiswa merupakan masa yang sangat menentukan kesuksesan kita di masa depan. Tidak hanya sukses sebagaimana yang orang banyak pahami yang standar ukurannya dinilai dengan harta yang berlimpah, uang yang banyak, hidup yang serba mewah, pasangan yang cantik, dan segala hal yang sifatnya materialis lainnya. Namun kita juga harus memikirkan kesuksesan kita setelah mati, ketika menghadap Tuhan Yang Maha Esa dan mempertanggungjawabkan segala dan perbuatan kita selama di dunia. Meskipun dalam dunia perkuliahan sisi religiusitas kurang tersentuh, namun kita harus membangun karakter religius kita. Di samping itu, kita juga harus membuang jauh-jauh kebiasaan dan sikap yang dapat menghambat dan semakin menjauhkan kita dalam meraih kesuksesan di masa depan. Apa saja itu?

1. Takut mencoba hal-hal baru

Banyak mahaiswa yang takut dan selalu ragu untuk mencoba hal-hal baru dalam hidupnya. Namun banyak pula mahasiswa yang jatuh bangun mengalami penderitaan, kegagalan, dan rasa sakit dalam hidupnya akan tetapi pada akhirnya ia bisa meraih kesuksesan. Mengapa? Karena mereka berani untuk bangkit dari kegagalan dan rasa taku. Mereka memiliki keberan untuk mencoba hal-hal baru dalam hidup mereka. Bagi para mahasiswa super ini, kegagalan itu hal yang wajar. Jika kita mau bangkit dan terus istiqomah dalam mencoba, maka kegagalan yang kita alami justru akan menjadi landasan pijak bagi kita dalam berjalan menuju kesuksesan yang kita impikan.

2. Malas

Malas memang penyakit yang dialami oleh kebanyakan mahasiswa. Contoh nyata seperti yang saya alami biasanya terkait masalah pengerjaan tugas kuliah. Akibat sifat malas yang sudah menjadi kebiasaan, biasanya selalu menunda-nunda pengerjaan tugas-tugas tersebut hingga satu hari sebelum dikumpulkan atau dipresentasikan. Baru sadar kalau sudah mau deadline, mengerjakannya pun serba tergesa-gesa dan tidak maksimal. Inilah salah satu contoh dampak negatif malas paling nyata yang mengidap sebagian besar mahasiswa. Coba saja nanti kalau kebiasaan malas kamu masih kamu pelihara saat kamu sudah menikah dan tinggal satu rumah dengan mertua, bisa ditendang kamu nanti. Oiya, baca juga nih 7 Tips Cerdas Menghemat Kuota Internet Buat Mahasiswa

3. Mudah menyerah

Mudah menyerah adalah ciri mahasiswa cemen yang tidak layak disebut sebagai mahasiswa. Perlu diketahui bahwasannya kegagalan dan kesalahan yang kita alami dalam hidup ini adalah hal wajar.Adalah menjadi tidak wajar jika kita terjatuh dalam lubang yang sama berkali-kali. Bagi mahasiswa yang jiwa mudanya masih membara, sungguh tidak pantas menyerah dalam arena kehidupan hanya dalam satu kali mencoba. Kalau ingin sukses, memang harus ada yang kita korbankan dan kita perjuangkan. Dan itu butuh kemauan yang sangat kuat dan mental tidak mudah menyerah.

4. Suka mengeluh

Suka mengeluh bukanlah karakter seorang mahasiswa. Ia hanya pantas disandang oleh orang-orang picik dengan pola pikir yang sempit. Bukan oleh seorang mahasiswa yang digadang-gadang sebagai agen yang membawa perubahan bagi masyarakat dan bangsa. Tugas menumpuk? Nggak punya duit? Nggak punya pacar? Ngerjain Skripsi? Itu mah biasa, tidak perlu mengeluh kesana-kemari seperti ABG labil yang baru diputusin sama pacarnya. Ingat sahabat, kamu adalah mahasiswa!!! Coba diingat-ingat lagi sumpah mahasiswanya. Jangan lupa juga baca Tips Sukses Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu dengan Hasil yang Baik

5. Membuang-buang waktu

Manajemen waktu merupakan hal vital seringkali diabaikan oleh mahasiswa. Antara waktu kuliah, belajar, mengerjakan tugas, dan waktu untuk kegiatan lain yang sifatnya berhubungan dengan keorganisasian atau sekedar main-main dengan teman, tidak dikelola secara proporsional. Budaya ngopi sambil ngrumpi yang sampai lupa waktu kapan harus belajar, kapan harus diskusi, dan kapan harus menjalankan kewajiban beribadah, harus segera dihilangkan.

Dari 5 kebiasaan buruk di atas, apakah ada salah satu diantaranya yang masih menjadi kebiasaan kamu sehari-hari? Jika iya, berusahalah untuk segera meninggalkannya. Masa menjadi mahasiswa adalah masa emas di mana kita dapat menggali dan mengembangkan seluruh potensi positif yang kita miliki. Jangan sampi, kebiasaan-kebiasaan seperti di atas menjadi penghambat langkahmu dalam menuju kesuksesan masa depan yang kamu cita-citatakan. Semoga tulisan singkat tentang 5 Kebiasaan Buruk Penghambat Kesuksesan Mahasiswa bisa menjadi bahan refleksi dan identifikasi diri yang selanjutnya memotivasi kita menjadi lebih semangat dan optimis dalam hidup.

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top