Kelebihan Membaca Buku Elektronik (E-book) dibandingkan Buku Fisik

Perkembangan teknologi telah menggeser kebiasaan sebagian besar masyarakat dalam aktivitas membaca, dari membaca buku fisik menuju buku elektronik atau e-book. Menjamurnya produk-produk ponsel pintar yang memungkinkan pengguna menyimpan dan membuka ribuan e-book menjadi salah satu faktor yang menyebabkan banyak orang lebih memilih e-book dari buku fisik.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa membaca buku fisik dinilai lebih baik daripada membaca buku elektronik. Namun penelitian yang lain menyatakan sebaliknya. Terlepas dari kedua hal itu, yang jelas aktifitas membaca selalu bermanfaat, baik membaca buku versi elektronik maupun buku fisik.


Berdasarkan penelitian dengan metode survei yang dilakukan oleh National Literacy Trust, yang mengambil sampel sebanyak 468 siswa di 40 sekolah di Inggris, ditemukan bahwa banyak siswa yang lebih enjoy membaca buku elektronik, khususnya laki-laki. Terjadi peningkatan keterampilan membaca ketika mereka membaca buku elektronik. Di samping itu, kecanggihan teknologi e-book yaitu memungkinkan siswa yang memiliki kesulitan membaca untuk dapat menyesuaikan ukuran teks bacaan sesuai dengan kenyamanan mereka.

Hasil penelitian di atas setidaknya membuktikan bahwa e-book memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan buku fisik pada umumnya. Kelebihannya bisa dilihat dari sisi fleksibilitas terhadap user (pembaca), efisiensi, dan efektifitas hasil yang didapat.

Agar hasil yang didapatkan dalam membaca e-book bisa maksimal sebagaimana membaca buku fisik, berikut beberapa saran yang perlu anda lakukan:

Usahakan untuk membaca teks secara utuh dan tidak melompat-lompat. Kebiasaan ini biasanya terjadi akibat dari karakteristik bacaan dari media online yang memang mengusung jargon “keep it short and simple”.

Usahakan untuk fokus saat membaca. Jangan tergoda untuk membuka aplikasi atau mengakses internet dengan perangkat anda ketika anda sedang membaca e-book.

Jika mata anda terasa lelah, segeralah istirahat dengan menutup e-book anda. Memang tidak bisa dipungkiri, membaca teks di layar monitor atau LCD membuat mata dan otak cepat lelah bila dibandingkan dengan membaca teks pada buku fisik. Jadi, anda harus pandai mengatur durasi baca anda sebaik dan senyaman mungkin agar tidak mengakibatkan dampak negatif terhadap kesehatan mata.

0 Komentar Kelebihan Membaca Buku Elektronik (E-book) dibandingkan Buku Fisik

Posting Komentar

Wikipendidikan
Back To Top