Mengenal Metode Pembelajaran Synergetic Teaching

Dalam dunia pendidikan, khususnya dalam strategi belajar mengajar, kita mengenal banyak sekali strategi yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran. Salah satu strategi tersebut adalah "Synergetic Teaching". Metode ini merupakan salah satu jenis metode pembelajaran aktif (active learning), yaitu pembelajaran yang mengajak siswa belajar secara aktif, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikannya. Konsep Active Learning saat ini memang tengah booming digunakan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam praktek proses pembelajaran. Active Learning merupakan respon untuk merekonstruksi paradigma pembelajaran konvensional di mana siswa cenderung pasif selama pembelajaran.

Metode Synergetic Teaching adalah metode atau strategi yang menggabungkan dua cara belajar yang berbeda”. Sedangkan Melvin L. Silberman (2009) menjelaskan "Metode Synergetic Teaching ini merupakan metode perubahan langkah yang sesungguhnya. Metode ini memungkinkan para siswa yang memiliki pengalaman yang berbeda dalam mempelajari materi yang sama untuk saling membandingkan catatan”.

Langkah-Langkah Implementasi Metode Synergetic teaching Menurut Hisyam Zaini, dkk (2004) adalah sebagai berikut:
  1. Bagilah kelas menjadi dua bagian.
  2. Kirimkan satu kelompok ke ruangan lain untuk membaca tentang topik yang diajarkan.
  3. Pastikan materi bacaan itu terformat dengan baik dan mudah dibaca.
  4. Selama masa ini, berikan sebuah pelajaran yang disampaikan dengan lisan, ceramah, tentang materi yang sama kepada separuh lainnya dari kelas itu.
  5. Setelah selesai mintalah siswa untuk berpasangan dengan teman yang tadi menerima pelajaran dengan cara yang berbeda. Anggota kelompok satu akan mencari kawan dari anggota kelompok dua.
  6. Keduanya diminta untuk meggabungkan hasil belajar yang mereka peroleh dengan cara yang berbeda tersebut.
  7. Mintalah beberapa orang untuk menyampaikan hasil belajar
  8. Mereka akan menjawab pertanyaan yang anda sampaikan
  9. Beri penjelasan untuk setiap jawaban siswa yang belum jelas
Metode ini bisa anda coba dalam proses pembelajaran yang anda jalani baik di jenjang SMP atau SMA. Pembelajaran ini mendorong siswa untuk aktif dan fokus terhadap apa yang sedang mereka pelajari.

Daftar Pustaka:
  1. Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. (2004) Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTC
  2. Melvin L. Silberman. (2009). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nusa Media
Wikipendidikan
Back To Top