Sabtu, 21 Februari 2015

Pengertian dan Karakteristik Orang Kreatif dan Inovatif

Apa itu kreativitas?

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru bagi dunia berdasarkan sebuah inovasi. Misalnya, ketika Newton merasakan ada buah Apel di kepalanya, ia merumuskan hukum gravitasi yang merupakan dasar dari banyak perhitungan hari ini. Ketika Thomas Alva Edison menganalisis kebutuhan cahaya untuk melawan kegelapan di malam hari, analisis ini membimbingnya dalam penemuan bola lampu listrik. Baca juga 7 Cara Jitu Mengembangkan Kreativitas Anak

Kreativitas terletak pada diri setiap orang, tidak peduli apakah dia adalah seorang ilmuwan terkenal atau karyawan kelas rendah. Kreativitas terletak pada kedalaman jiwa anda dalam bentuk ide-ide inovatif yang baik. Namun kreativitas itu akan selamanya terkubur dalam diri anda apabila anda tidak merealisasikannya dalam sebuah inovasi konkrit yang bisa bermanfaat untuk anda dan dimanfaatkan oleh banyak orang. Sehingga yang anda perlukan hanyalah menciptakan sebuah inovasi dalam hidup anda. Biarkan kreativitas itu keluar dari dalam diri anda.

Abaikan saja pandangan masyarakat yang berusaha membatasi kreativitas anda, selama itu positif, anda harus memperjuangkannya. Anda dapat belajar untuk menjadi lebih kreatif dengan mengamati dan mengikuti jejak orang-orang yang kreatif di masa lalu dengan membaca dan mempelajari biografi mereka, seperti Newton, Thomas Alva Edison, Albert Einstein, dan lain sebagainya.

Bangun kreativitas itu pada pikiran anda dan wujudkan apa yang ada dalam pikiran anda itu ke dalam realitas kehidupan. Jangan mengekang hidup anda sendiri untuk menciptakan sebuah inovasi. Orang-orang kreatif memiliki keinginan yang kuat untuk mengekspresikan diri dan kadang-kadang mereka harus berjuang untuk melindungi hak-hak mereka.

karakter kreatif dan inovatif
Bagaimana karakteristik orang-orang kreatif?

Apakah Anda pernah berpikir tentang apa perbedaan antara orang biasa dan orang-orang yang kreatif? Keduanya memiliki struktur tubuh yang sama, lantas dimana letak perbedaannya? Jawaban atas pertanyaan ini adalah bahwa antara orang biasa dan orang-orang kreatif perbedaannya terletak dalam pikiran, sikap, dan persepsi mereka. Karakteristik utama di mana kreativitas seseorang dapat dinilai adalah:

  1. Orang-orang kreatif tidak konvensional. Mereka tidak terlalu khawatir dengan norma dan standar yang ada di masyarakat. Mereka percaya dan yakin bahwa apa yang mereka rasakan adalah benar. Artinya, mereka cenderung menolak mainstream. Contoh: Galileo berani memberontak terhadap keyakinan mainstream yang berlaku di masyarakat di zamannya dengan membuktikan bahwa bumi berputar mengelilingi matahari.
  2. Orang-orang yang kreatif memiliki tingkat kecerdasan yang tergolong tinggi dan senantiasa datang dengan membawa ide-ide inovatif. Mereka selalu mencari apa yang hilang atau kurang lengkap dalam dunia ini dan apa yang bisa dilakukan untuk membuat kehidupan menjadi lebih baik, penuh makna, dan bermanfaat bagi sesama manusia dan makhluk Tuhan yang lainnya. Pelajari juga Pengertian Kecerdasan Spiritual (SQ) dan Strategi Aktivasinya
  3. Orang-orang yang kreatif tidak mudah percaya pada takhayul dan memiliki keinginan yang kuat untuk mengungkap kebenaran. Kalau dalam salah satu teori sosiologi, mereka tergolong orang yang hidup di era positivistik. Mereka memandang segala sesuatu secara kritis dan analitis.
  4. Orang-orang kreatif dalam bertindak didorong oleh visi mereka. Mereka memiliki keinginan yang kuat untuk mengubah visi mereka menjadi sebuah prestasi yang nyata.
  5. Orang-orang adalah seseorang yang visioner. Visi mereka terletak dalam hati dan jiwa mereka. Dan prioritas mereka selalu terfokus untuk mewujudkan visi mereka.
  6. Orang-orang kreatif sangat intuitif. Apa yang mereka lakukan berdasarkan pada kepekaan intuisi yang bersinar cerah dalam hati mereka. Mereka mampu mendengarkan apa yang dikumandangkan oleh jiwa mereka dan membiarkan jiwa mereka membimbing mereka dalam setiap sisi kehidupan yang mereka jalani.
Itulah artikel singkat tentang Pengertian dan Karakteristik Orang Kreatif dan Inovatif, semoga bermanfaat.
Wikipendidikan
Back To Top