Minggu, 30 November 2014

Pengertian dan Manfaat Lesson Plan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Wikipendidikan - Lesson Plan atau yang dalam bahasa kita lazim disebut sebagai RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah perencanaan yang dilakukan seorang guru sebelum melakukan proses belajar mengajar dalam kelas. Perencanaan berasal dari kata rencana, yaitu pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, proses suatu perencnaan harus dimulai dengan penetapan tujuan yang akan dicapai melalui analisis kebutuhan serta pengambilan keputusan yang lengkap, kemudian menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, maka pola pikir kita diarahkan bagaimana agar tujuan itu dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Sedangkan pembelajaran bisa diartikan sebagai proses kerja sama antara guru dan siswa dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada baik yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri seperti minat, bakat, dan kemampuan dasar yang dimiliki termasuk gaya belajar maupun potensi yang ada di luar diri siswa seperti lingkungan, sarana, dan sumber belajar sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dari kedua makna tentang konsep perencanaan dan konsep pembelajaran di atas, maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran adalah proses pengambilan keputusan hasil berpikir secara rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran tertentu, yakni perubahan perilaku serta rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut dengan memanfaatkan segala potensi dan sumber belajar yang ada.

Lesson plan atau RPP dibuat oleh guru sebagai pengembangan dari KI dan KD yang telah tersusun dalam silabus secara rinci sesuai dengan tema pokok yang sudah ditetapkan. Lesson plan yang disusun oleh guru ini berlaku untuk satu atau beberapa kali pertemuan, terganutng pada alokasi waktu yang dibutuhkan untuk satu tema tertentu.

Manfaat Lesson Plan

Kenapa harus menyusun Lesson Plan? Ya, karena sebuah perencanaan merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum kita melaksanakan segala sesuatu agar tujuan yang kita harapkan dapat tercapai secara maksimal. Dengan perencanaan yang baik dan tepat, masalah-masalah yang berpotensi muncul dalam proses pelaksan pembelajaran dapat diminimalisir.

Dalam menyusun perencanaan, tentu kita akan mengambil keputusan alternatif yang terbaik agar proses pencapaian tujuan berjalan secara efektif. Dengan demikian, ada beberapa manfaat yang dapat kita petik dari penyusunan proses pembelajaran.
  1. Melalui proses perencanaan yang matang dan akurat, kita akan mampu memprediksi seberapa besar keberhasilan yang akan dapat dicapai. Sebab perencanaan disusun untuk memperoleh keberhasilan, dengan demikian kemungkinan-kemungkinan kegagalan dapat diantisipasi oleh setiap guru sehingga hasilnya pun akan lebih bagus dan optimal. Dengan perencanaan pebelajaran yang matang, seorang pendidik akan paham tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa, serta strategi apa yang pantas dilakukan sesuai dengan tujuan.
  2. Sebagai alat untuk memcahkan masalah. Seorang perencana yang baik akan dapat memprediksi kesulitan apa yang akan dihadapi oleh siswa dalam mempelajari materi pelajaran tertentu. Dengan perencanaan yang matang, guru akan dengan mudah mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin timbul, mengingat bahwa proses pembelajaran adalah proses yang kompleks dan situasional di mana berbagai kemungkinan bisa terjadi.
  3. Untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar secara tepat. Dewasa ini banyak sekali sumber-sumber belajar yang mengandung berbagai informasi. Melalui perencanaan, guru dapat menentukan sumber-sumber mana saja yang dianggap tepat untuk mempelajari suatu bahan pelajaran tertentu. Sehingga siswa tidak akan kesulitan dalam memilih dan menentukan mana sumber belajar yang cocok dengan tujuan pembelajaran.
  4. Perencanaan akan dapat membuat pembelajaran berlangsung secara sistematis, terarah, dan terorganisir. Dengan demikian, guru dapat menggunakan waktu seefektif mungkin untuk keberhasilan proses pembelajaran.
Contoh format Lesson Plan atau rencana pelaksanaan pembelajaran bisa dilihat dalam gambar di bawah ini

Sumber gambar: wikipedia.org
Demikianlah pengertian dan manfaat lesson plan (RPP) yang sangat penting dalam memaksimalkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Tinjauan Pustaka: Wina Sanjaya, Perencanaan dan desain sistem pembelajaran (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008)

0 Komentar Pengertian dan Manfaat Lesson Plan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Posting Komentar

Wikipendidikan - Maha Templates
Back To Top